Menembus Angan, Menggapai Cita: KTH Kuta Lestari, Belajar Berdaya dengan Lebah Trigona

Kamis, 17 Maret 2022

Sukabumi, 17 Maret 2022. Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) kembali mengedukasi masyarakat di sekitar kawasan yang merupakan anggota kelompok tani hutan (KTH) Kuta Lestari. Kegiatan ini dilakukan sebagi upaya pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan dan alih mata pencaharian, karena sebelumnya merupakan penggarap di dalam kawasan.

Seluruh anggota KTH Kuta Lestari hadir dengan melibatkan fasilitator dari Penyuluh Kehutanan CDK III Jawa Barat dan narasumber dari KTH Giri Catur Desa Kuta Jaya, Bapak Ridwan, yang menceritakan success story-nya sebagai KTH yang telah lebih dahulu bergelut dengan usaha budidaya lebah madu. Hal ini bertujuan sebagai pemicu bagi anggota KTH Kuta Lestari agar semakin bersemangat dalam upaya menggapai cita.

Edukasi lanjutan ini dilakukan sebagai langkah awal persiapan membentuk Demplot Budidaya Lebah Madu Trigona KTH Kuta Lestari. Pada kegiatan diskusi ini, Bapak Ridwan memberikan tips dan trik bagaimana budidaya lebah madu trigona ini dapat berhasil, serta manfaat apa saja yang dapat diperoleh dari budidaya lebah madu trigona selain madu itu sendiri, diantaranya ada propolis dan bipolen yang sudah terkenal kaya manfaat.  Melihat bagaimana antusiasme dari anggota KTH Kuta Lestari dan potensi lebah madu trigona dan pakannya yang berasal dari kawasan, maka kedepannya BBTNGGP akan menindaklanjuti dengan pemberian stimulan dan pendampingan hingga masyarakat bisa memproduksi madu secara mandiri. Direncanakan jenis lebah trigona yang akan dikembangkan oleh KTH Kuta Lestari adalah lebah trigona itama (Heterotrigona itama) dan lebah trigona laevicep (Tetragonula laeviceps).

Bapak Deden sebagai salah satu anggota KTH Lestari mengucapkan terima kasih atas keseriusan TNGGP dalam mendampingi dan memberdayakan masyarakat. Semoga usaha budidaya lebah madu yg akan dikembangkan oleh KTH Kuta Lestari bisa menjadi alternatif mata pencaharian kelompok sehingga mengangkat ekonomi kelompok khususnya dan masyarakat sekitar kawasan TNGGP pada umumnya.

Sumber : Yusnita Dewi - Pengolah Data Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Dokumentasi : Publikasi Bidang II Sukabumi - BBTNGGP

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini