BBKSDA Sumut Bersama UIN Sumut Peringati HPSN 2022

Jumat, 25 Februari 2022

Narasumber sedang memberikan simulasi budidaya maggot

Sibolangit, 25 Februari 2022. Balai Besar KSDA Sumatera Utara tidak pernah absen dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) setiap tahunnya. Tahun ini peringatan HPSN 2022 dilaksanakan bersama dengan mahasiswa/i Jurusan Tadris Biologi Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara dengan menggelar kegiatan Lesehan Ilmiah di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit, pada Rabu 23 Februari 2022.

Rangkain kegiatan Lesehan Ilmiah berupa simulasi pilah dan pilih sampah, budidaya Manggot BSF, dan diakhiri dengan kunjungan ke kawasan TWA Sibolangit. Kepala Resort CA./TWA. Sibolangit Samuel Siahaan, SP. menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa sebagai generasi milenial sedini mungkin terpanggil untuk lebih peduli dan ikut serta dalam pengelolaan sampah secara massif  dengan mengimplementasikan pendekatan prinsip 3R (reduce, reuse, recycle), serta dapat menangani sampah sendiri yang dimulai dari diri sendiri. 

Simulasi budidaya maggot disampaikan oleh Nurhabli Ridwan, Kader Konservasi binaan Balai Besar KSDA Sumatera Utara, sekaligus Ketua Umum Gras. Budidaya maggot sebagai bagian dari solusi mengurangi timbunan sampah organik di Tempat Pembuangan Sampah (TPS), karena   maggot merupakan organisme yang berguna dalam proses dekomposisi sampah yang mudah terurai. Sifat maggot ini  merombak, mengektraksi dan mengkonversi nutrient menjadi bahan alternative pakan. Maggot juga bermanfaat mengolah sampah organik sisa makanan dari dapur kita, karena dalam waktu 24 jam sampah akan habis dimakannya.  Ada manfaat lain yang dihasilkan, yaitu  sebagai sumber pakan ternak ikan, ayam, dan lain-lain, pupuk organik cair (POC) untuk pemupukan tanaman, serta mengurangi timbunan sampah di TPS .

Pada akhirnya disimpulkan, bahwa pilah dan pilih sampah serta budidaya maggot merupakan sebagian solusi dan ajakan guna mewujudkan upaya bersama, yaitu dengan menempatkan prinsip-prinsip : Pertama, pengurangan sampah dan penanganan sampah sama pentingnya, kedua, mendorong perilaku minim sampah sebagai budaya baru masyarakat Indonesia, ketiga, mengembangkan sirkular ekonomi dan aplikasi teknologi ramah lingkungan sebagai fondasi waste to resource, keempat, melangkah dalam kolaborasi yang efektif, kreatif dan membangun kebersamaan, gotong royong, serta kelima, pemrosesan akhir yang berwawasan lingkungan. Semua itu merupakan upaya kita bersama untuk mewujudkan Indonesia Bersih, Indonesia Maju, dan Indonesia Sejahtera sebagaimana tema HPSN 2022 “Kelola Sampah, Kurangi Emisi, Bangun Proklim”.

Mahasiswa/i UIN Sumut peserta Lesehan Ilmiah HPSN 2022

Usai Lesehan Ilmiah, diakhir kegiatan mahasiswa/i UIN Sumatera Utara menyusuri jalur intepretasi yang ada di dalam kawasan Taman Wisata Alam Sibolangit  dipandu oleh petugas Resort CA/TWA Sibolangit. Peserta diperkenalkan berbagai potensi flora fauna serta fungsi dan manfaat hutan TWA Sibolangit bagi mahluk hidup di dalam dan sekitarnya. Peserta sangat antusias. Ketua Prodi Tadris Biologi UIN SU Indayana Febriani Tanjung, M. Pd., berjanji akan rutin mengunjungi kawasan TWA Sibolangit beserta rombongan mahasiswa lainnya pada kunjungan berikutnya.

Sumber : Samuel Siahaan, SP.-PEH Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini