Rimbawan dan Marinir Tanam 1000 Pohon

Sabtu, 22 Januari 2022

Sukabumi, 22 Januari 2022. Seremoni penanaman pohon secara simbolis dilaksanakan di Pusat Konservasi Elang Jawa, Resort Pengelolaan Taman Nasional (PTN) Cimungkad, Bidang PTN Wilayah II Sukabumi, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) pada Jumat (21/1/2022). Penanaman ini untuk memperingati HUT Komando Latih Korps Marinir (KOLATMAR) Ke-45 melalui sinergitas Rimba-Laut, Puslatpurmar-6 Antralina bersama BBTNGGP. Penanaman pohon telah dilakukan di dua titik lokasi, yaitu di lingkungan Resort PTN Selabintana dan Resort PTN Pasir Hantap. Bibit yang ditanam yaitu jenis rasamala, puspa, janitri, ki siereum, dan salam dengan total bibit sebanyak 1000 batang. 

Penanaman ini juga mendukung gerakan menanam 10 ribu pohon KOLATMAR bersama 10 satuan pelaksana (Satlak) jajaran KOLATMAR yang dilaksanakan secara serentak di berbagai wilayah mulai dari Banyuwangi, Jawa Timur sampai Dabo Singkep, Kepulauan Riau. Komandan Puslatpurmar 6 Antralina, Letkol Marinir Ombun Tarera Sipahutar, M. Si (Han), M. Tr. Opsla menyampaikan bahwa "Sinergitas Rimba-Laut harus terus dipupuk dan  dijaga dengan kegiatan positif seperti penanaman dan patroli pengamanan yang humanis secara bersama-sama".

Pada kesempatan yang sama, Plt. Kepala Balai Besar TNGGP, Wasja, S.H., menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan Puslatpurmar-6 Antralina terhadap kegiatan yang dilaksanakan di TNGGP karena sinergitas Rimba-Laut sudah terjalin sejak lama seperti halnya kegiatan bersih gunung pada saat yang lalu juga didukung oleh Puslatpurmar-6 Antralina. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Muspida Kota dan Kabupaten Sukabumi serta jajaran dari tiga matra TNI yang bermarkas di wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi serta ditutup dengan penanaman pohon bersama tokoh masyarakat dan pelajar SMP serta SMA yang berada di sekitar kawasan Resort PTN Cimungkad.

BBTNGGP bersama Pustalpur-6 Antralina akan terus bersinergi dalam melakukan kegiatan penanaman sebagai upaya pemulihan ekosistrem di TNGGP serta penanganan penggarapan di ex-PHBM secara humanis. Rencana kegiatan penanaman selanjutnya akan dilakukan di kawasan Resort PTN Pasir Hantap dengan bibit tanaman asli TNGGP dan di lokasi Green Belt dengan bibit tanaman buah-buahan (MPTS) yang sesuai dengan peraturan di kawasan konservasi. Keberadaan tanaman MPTS yang ditanam diharapkam kedepannya dapat dimanfaatkan oleh masyarakar sekitar kawasan, sebagai upaya pemberdayaan masyarakat di TNGGP.

Di hutan ada rimbawan jayalah...
Di laut ada marinir jayalah...
Rimbawan dan Marinir bersatu dan bersama,
Menjaga Hutan-Laut Indonesia...

"AYO… SELAMATKAN BUMI DENGAN MENANAM POHON ...!!!"

Sumber : Tati Maryati - Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Dok : Publikasi Bidang PTN Wilayah II Sukabumi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini