Launching Buku Saku Mitigasi Konflik Manusia - Harimau Sumatera.

Kamis, 20 Januari 2022

Padang,  13 Januari 2022. Sekretaris Direktorat Jenderal KSDAE bersama Wakil Gubernur Sumatera Barat me-launching  buku saku mitigasi konflik manusia harimau sumatera, Kamis (13/1). Buku saku mitigasi konflik manusia-harimau yang berjudul Hiduik Badakekan jo Inyiak Balang memberikan pesan edukasi  bahwa  konflik  manusia satwa liar tidak hanya menjadi tanggung jawab Balai KSDA Sumatera Barat, tetapi juga seluruh lapisan masyarakat utamanya  masyarakat di nagari-nagari yang berbatasan dengan atau berada pada lanskap habitat harimau sumatera. 

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Sumatera Barat juga menyampaikan bahwa upaya konservasi harimau sumatera di Sumatera Barat sudah bagus, ada Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya, ada buku saku mitigasi konflik manusia harimau sumatera serta Surat Edaran (SE) Gubernur Sumatera Barat No.522.5/3545/Dishut-2021 pada bulan Desember tahun 2021 tentang pelestarian harimau sumatera . Saat ini yang perlu ditingkatkann adalah literasi kaum milenial Sumatera Barat tentang harimau sumatera.  Generasi milenial harus paham tentang dasar-dasar pengetahuan harimau sumatera.  Beliau juga mendorong Balai KSDA Sumatera Barat agar  aktif melakukan sosialisasi ke kaum milenial terutama siswa sekolah menengah atas maupun pertama sebagai agent of change dalam pelestarian harimau sumatera.

Dengan dilaunchingnya buku saku ini diharapkan  dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan yang memadai tentang harimau sumatera terutama pada  generasi milenial sehingga terbangun pola fikir dan tindakan hidup berdampingan secara aman dan harmoni dengan  harimau sumatera.

Sebelum launching, bedah buku diselenggarakan dengan 8 (delapan) narasumber seperti Dr Ir Audy Joinaldy, SPt, M.Sc, MM, IPM ASEAN, M.Si (Wakil Gubernur Sumatera Barat),  Yozawardi UP, S.Hut, M.Si (Kepala Dinas Kehutanan Prov. Sumatera Barat), Suharyono, SH, M.Hum (Setditjen KSDAE), Dr. Wilson novarino, Dr Ir Audy Joinaldy SPt MSc MM IPM ASEAN, M.Si (Unand),  Dr. Hariyo T Wibisono, M.Sc (Sintas), Verry M (Porbi Sumatera Barat),  M. Yunis, SS, M.Hum  (Budayawan) serta dari Polda Sumatera Barat.

"Langkah-langkah yang dilakukan BKSDA Sumatera Barat dalam menghadapi kendala penanganan konflik satwa liar yaitu dengan menginisiasi pembentukan Nagari Ramah Harimau. Hal ini mengingat  jumlah personil BKSDA Sumatera Barat sangat terbatas dibandingkan dengan sebaran konflik satwa di Provinsi Sumatera Barat.  Sebagai pilot project telah terbentuk 2 Tim Patroli Anak Nagari (PAGARI) yaitu di Nagari Sungai Aur, Kecamatan Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat dan Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam.  Mudah-mudahan kedua PAGARI tersebut terus berkembang dengan dukungan dan binaan BKSDA Sumbar beserta Pemerintah Daerah setempat." ungkap Wakil Gubernur, Audy Joinaldy saat membuka acara talkshow.

Setditjen KSDAE Bapak Suharyono, SH,M.Hum dalam sambutannya menyampaikan apresiasi  terhadap  komitmen para pihak dalam penyelamatan harimau sumatera di Sumatera Barat. Beliau menekankan pentingnya  membangun jejaring  dengan media dengan memanfaatkan  kemampuan media membangun komunikasi dengan masyarakat dari informasi bersifat negatif menjadi  berita yang bernilai positif. Berkaitan dengan konflik manusia harimau sumatera, media diharapkan mampu membangun narasi bahwa kemunculan harimau sumatera di pemukiman merupakan warning rumahnya/habitatnya terusik, serta menekankan harimau bukan musuh manusia tetapi adalah sahabat kita yang harus dilestarikan. 

Kepala Balai KSDA Sumbar, Ardi Andono menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya acara ini, harapan beliau agar  semua pihak ikut berpartisipasi aktif dalam menjaga kelestarian Harimau Sumatera  dan bisa menjalankan Surat edaran Gubernur Sumatera Barat No.522.5/3545/Dishut-2021 pada bulan Desember tahun 2021 tentang pelestarian harimau sumatera.

download buku saku di link berikut : https://bksdasumbar.org/wp-content/uploads/2022/01/BOOK-Buku-Saku-Mitigasi-Harimau-Sumatra-1-1.pdf

Sumber : Balai KSDA Sumatera Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini