Homeschooling Avicenna Childhood Belajar Konservasi di BBKSDA Sumatera Utara

Jumat, 14 Januari 2022

Siswa-siswi Homeschooling Avicenna Childhood menerima pembekalan konservasi dari narasumber

Medan, 13 Januari 2022. Pagi itu, Rabu 12 Januari 2022, pegawai lingkup Kantor Balai Besar KSDA Sumatera Utara sedikit dihebohkan dengan kehadiran sejumlah siswa-siswi yang berusia diantara 6-13 tahun dari Homeschooling Avicenna Childhood Medan yang ingin belajar tentang konservasi, Rabu (12/1).  

Plh. Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Andoko Hidayat, S.Hut., MP., menyambut gembira kehadiran rombongan homeschooling dan berharap dari kunjungan tersebut siswa-siswi dapat memperoleh manfaat ilmu dan pengetahuan tentang konservasi yang akan menjadi bekal dalam meniti pendidikan selanjutnya.

Samuel Siahaan, SP., PEH Balai Besar KSDA Sumatera Utara, memberi pembekalan awal dengan pengetahuan tentang kawasan hutan konservasi di Sumatera Utara, khususnya di TWA Sibolangit serta beragam keanekaragaman hayati dan potensi menarik lainnya di kawasan tersebut. Penyajian dengan model pembelajaran interaktif dan komunikatif, membuat peserta bergairah dan semangat mengikuti pembelajaran.

Peserta yang berjumlah 40 orang, 4 orang diantaranya anak berkebutuhan khusus (ABK), serta didampingi 8 orang guru, berlomba-lomba bertanya kepada narasumber tentang berbagai hal yang belum diketahuinya. Rasa penasaran dan ingin tahu serta haus akan informasi membuat suasana pembelajaran menjadi hidup dan dinamis.

“Mengapa satwa liar itu perlu dilindungi kak ?” tanya seorang peserta. Peserta lain pun tak mau kalah bertanya : “berapa populasi Harimau Sumatera saat ini, dan dimana saja penyebarannya di Sumatera Utara ?”. Pertanyaan-pertanyaan kritis dari peserta yang masih muda belia,  membuat narasumber sedikit kewalahan dalam menjawabnya.

Pembelajaran semakin semarak dengan tampilnya narasumber lainnya Fitri Noor Ch., S.Hut., MP., yang menyajikan games (permainan) dengan membagikan hadiah-hadiah menarik berupa buku, boneka dan brosur-brosur. Semua peserta berlomba-lomba menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan narasumber.

Narasumber Fitri Noor Ch., S.Hut., MP. sedang memberikan hadiah kepada peserta yang mampu menjawab dengan baik pertanyaan yang diberikan

Begitu besarnya antusias peserta dalam mengikuti pembelajaran, sehingga yang seyogianya alokasi waktu hanya 1 jam, tak terasa bertambah menjadi 2 jam. Peserta dan guru pendamping masih ingin lagi belajar konservasi alam di lain waktu dengan agenda melihat langsung kawasan TWA Sibolangit yang merupakan role model pengelolaan kawasan konservasi di Sumatera Utara di bidang edukasi dan konservasi lingkungan (Ekoling).

Ketua Yayasan Avicenna Cendikia, yang menyelenggarakan Homeschooling Avicenna Childhood, Dhina Melinda, menyampaikan terima kasih dan apresiasi, kepada Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara beserta narasumber yang sudah menyambut kehadiran mereka dengan layanan yang baik serta memberi bekal pengetahuan tentang konservasi alam kepada peserta. Menjadi agenda rutin dari yayasan ini melaksanakan kegiatan luar kelas atau Outdoor class activity. Kedepannya Yayasan Avicennia Cendikia berharap ada kerjasama yang baik dengan Balai Besar KSDA Sumatera Utara dalam pengembangan program pendidikan bagi peserta didiknya.

Sumber : Samuel Siahaan, SP. – PEH Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini