Merawat Kemitraan Konservasi TN MerBeti Dengan Berbagai Inovasi

Kamis, 13 Januari 2022

Jember, 12 Januari 2021. Balai Taman Nasional Meru Betiri (TN MerBeti) melakukan penyuluhan kepada kelompok petani di Blok Curahmalang, Desa Curahnongko yang tergabung dalam kemitraan konservasi untuk kembali mengingat kembali perjanjian kerja sama (PKS) yang sudah disepakati bersama, Rabu (12/1). Prinsip-prinsip dalam kerjasama adalah untuk meningkatan kesejahteraan masyarakat dengan memperoleh hak garap lahan rehabilitasi serta ikut serta melakukan kegiatan pemulihan ekosistem kawasan TN Meru Betiri.

Dihadiri hampir seluruh anggota kelompok Blok Curahmalang, penyuluhan ini dilaksanakan oleh Tim Monitoring Pemulihan Ekosistem Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Ambulu Balai TN MerBeti. Melalui inovasi Resort Wonoasri dibuatlah Buku Kontrol Pemulihan Ekosistem yang berisi peta lokasi, luas garapan, jumlah dan perkembangan tiap tanaman pokok masing-masing petani, Tim monitoring dapat mengevaluasi progres kegiatan pemulihan ekosistem tiap petani. Masih ada beberapa petani yang belum memenuhi target yang telah ditetapkan dalam PKS, sehingga mereka diminta kesanggupan menanam pohon sesuai dengan jumlah yang ditetapkan.

Kepala Seksi PTN II Ambulu, Agust Dwiandono dalam sambutannya mengatakan bahwa monitoring ini adalah wujud kehadiran negara untuk tidak abai kepada masyarakat dalam kondisi ekonomi yang sulit apalagi pada masa pandemi saat ini.

“Hak petani dapat untuk dapat memanfaatkan dan mengelola lahan ini agar dapat meningkatkan pendapatan ekonomi, serta melakukan kewajiban masing-masing sesuai dengan aturan yang tercantum dalam PKS agar terhindar dari sanksi,” imbuhnya.

Dalam kesempatan terpisah Kepala Balai TN Meru Betiri, Maman Surahman menyampaikan apresiasi kepada tim serta mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu semangat ikut serta menjaga kawasan TN Meru Betiri untuk masa depan.

Sumber : Balai Taman Nasional Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini