Semarak Peringatan HUT Polisi Kehutanan ke-55 di Yogyakarta

Selasa, 21 Desember 2021

Yogyakarta, 21 Desember 2021 - Momentum penting dalam rangka Hari Bela Negara 2021 dan Hari Ulang Tahun Polisi Kehutanan (POLHUT) ke-55 diperingati melalui upacara bendera yang diikuti oleh peserta yang berasal dari unsur Forkompimda DIY, Dinas LHK DIY, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Polhut di DIY. Turut hadir dalam upacara ini tamu undangan yang berasal dari Lanal, Direktorat Kriminal Khusus Polda DIY, Direktorat Kepolisian Air dan Udara, serta perwakilan Polres lingkup Polda DIY. 

Bertempat di halaman Kantor Dinas LHK DIY, Upacara dalam rangka peringatan Hari Bela Negara 2021 dan HUT POLHUT ke-55 ini dimulai pada pukul 08.00 WIB. Di akhir rangkaian upacara peringatan HUT POLHUT ke-55 ini dilakukan pemotongan tumpeng yang selanjutnya diserahkan kepada Polhut termuda DIY, Gandris Awan Bahari, S.Hut (26 tahun) yang merupakan Polhut Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY. Bertindak sebagai inspektur upacara Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X yang diwakili oleh Staf Gubernur Bidang Hukum Pemerintahan dan Politik, Maladi, S.H, M.Hum.  

Dalam amanat Wakil Gubernur DIY yang dibacakan Staf Gubernur Bidang Hukum Pemerintahan dan Politik disampaikan bahwa  Polisi hutan merupakan elemen terpenting sebagai garda terdepan dalam mengawal kebijakan dalam penindakan terhadap pelaku kejahatan di sektor kehutanan yang semakin hari semakin dinamis dengan pola-pola kejahatan bidang kehutanan yang baru. Dalam rangka menghadapi hal tersebut, polisi hutan harus terus menempa diri dan berinovasi agar tetap mampu mencegah dan menanggulangi berbagai gangguan dan ancaman kejahatan kehutanan yang juga akan meningkat kualitasnya.

Lebih lanjut Maladi menyampaikan harapannya, “Semoga jajaran polisi hutan dari mulai tingkat provinsi, tingkat daerah dan tingkat tapak, dapat bekerjasama dengan pihak penegak hukum lainnya dalam mengawal peraturan perundangan-undangan dan aktif menjaga keamanan hutan dan kawasan hutan. Polisi hutan juga harus mengedepankan langkah secara persuasif dan humanis karena seringkali tindak kejahatan hutan banyak melibatkan masyarakat sekitar. Polhut harus dapat melaksanakan tugas dengan waspada, tegas, dan cepat tanggap dalam menangani berbagai pelanggaran hukum di bidang kehutanan dengan menjaga profesionalitas dan kepercayaan rakyat.” Jelas Maladi.

Ucapan selamat HUT POLHUT ke-55 juga diberikan oleh Direktur Kriminal Khusus Polda DIY, AKBP Roberto Pasaribu yang memberikan dukungan kesuksesan Polisi Kehutanan dalam mengamankan kawasan hutan dan hasil hutan serta tumbuh menjadi kepolisian kehutanan yang tangguh dan mampu bersinergi bersama Polri.

Sementara itu, Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M. Wahyudi yang dijumpai di sela-sela peringatan HUT POLHUT ke-55 mengingatkan kembali pesan Menteri LHK dalam mendorong semangat kerja POLHUT dalam melaksanakan tugasnya, “Sebagaimana arahan Ibu Menteri, saya berharap kawan-kawan POLHUT dapat memaknai tema peringatan HUT POLHUT ke-55 “POLHUT HANDAL, HUTAN  LESTARI” sebagai momentum untuk menyadari sepenuhnya tantangan Polhut untuk menjadi ksatria rimba yang tangguh, yang meliputi samapta, mahir teknis, berdedikasi dan berakhlak mulia. Dengan memegang teguh semangat tersebut, semoga POLHUT semakin tangguh menghadapi tantangan ke depannya.” Tutup M. Wahyudi.

Sumber : Uut Budiharto (Polhut Balai KSDA Yogyakarta)

Penanggung jawab berita : Kepala Balai KSDA Yogyakarta, Muhammad Wahyudi (HP: 0852-4401-2365)

Kontak informasi : Call Center Balai KSDA Yogyakarta (0821-4444-9449)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini