Bantuan Usaha Ekonomi Produktif Kelompok Pemberdayaan Masyarakat Sekitar SM. Pulau Kaget

Senin, 15 November 2021

Tabunganen, 2 November 2021 – Balai KSDA Kalimantan Selatan kembali mengambil peran atas hadirnya pihak pemerintah khususnya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di tengah-tengah masyarakat.  Kali ini Balai KSDA Kalimantan Selatan melaksanakan penyaluran bantuan usaha ekonomi produktif masyarakat kepada Kelompok Pemberdayaan Masyarakat “Istana Patin” Desa Tabunganen Kecil dan Kelompok Pemberdayaan Masyarakat “Maju Bersama” Desa Sungai Teras Luar Kecamatan Tabunganen Kabupaten Barito Kuala. Penyaluran bantuan usaha ekonomi produktif bagi kelompok pemberdayaan  masyarakat ini dilaksanakan pada hari Selasa, 2 Nopember 2021 yang bertempat di Kantor Desa Tabunganen Kecil.  

Bantuan usaha ekonomi produktif ini adalah sebagai bentuk peran serta KLHK melalui Balai KSDA Kalimantan Selatan selaku perpanjangan tangan Pemerintah Indonesia dalam upaya pemberdayaan masyarakat yang ada di sekitar kawasan konservasi. Penyerahan bantuan usaha ekonomi produktif masyarakat ini diserahkan secara simbolis oleh Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan, Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc didampingi oleh Kepala Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Banjarbaru, M. Ridwan Effendi, S.Hut, M.Si serta Kepala Resort KSDA Suaka Margasatwa (SM) Kuala Lupak dan SM Pulau Kaget, Ahmad Barkati.  Selanjutnya bantuan usaha ekonomi produktif ini akan disalurkan langsung pada rekening masing-masing kelompok.  Penerima bantuan usaha ekonomi masyarakat ini diterima oleh Haderiyani selaku Ketua Kelompok Pemberdayaan Masyarakat “Istana Patin” didampingi Kepala Desa Tabunganen Kecil dan Wahyudi selaku Ketua Kelompok Pemberdayaan Masyarakat “ Maju Bersama” didampingi Kepala Desa  Sungai Teras Luar  Kecamatan Tabunganen Kabupaten Barito Kuala.

Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan  Dr. Mahrus menyampaikan pesan kepada penerima bantuan agar dalam melaksanakan kegiatan usaha ekonomi masyarakat yang diutamakan adalah keterbukaan dan kebersamaan, namun segala kendali ada pada ketua kelompok. Aspirasi anggota kelompok dan permasalahan yang terjadi dalam kelompok agar disampaikan kepada ketua kelompok dan di musyawarahkan bersama untuk mencari solusi yang terbaik.  Kepala Balai juga berharap agar bantuan ini dapat bergulir dan memberikan dampak kepada anggota kelompok lainnya, sehingga kesejahteraan anggota kelompok dapat meningkat dengan adanya bantuan ini. Berdasarkan potensi alam dan aspirasi masyarat usaha.yang akan dikembangkan oleh kelompok pemberdayaan masyarakat di desa Tabunganen Kecil dan Desa Sungai Teras Luar adalah budidaya ikan Patin.

Lebih lanjut Kepala Balai juga menghimbau dan mengajak seluruh anggota kelimpok masyarakat untuk bersama-sama menjaga keberadaan dan kelestarian SM Pulau Kaget. Pengelolaan SM Pulau Kaget dapat dilaksanakan bersama-sama antara petugas BKSDA Kalimantan Selatan dengan masyarakat di sekitar kawasan SM Pulau Kaget.  Pengelolaan ini tentunya harus sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundangan yang berlaku, sehingga semua pihak mendapatkan manfaat dari kegiatan tersebut.  Dengan pengelolaan bersama ini juga nantinya kelestarian kawasan SM Pulau Kaget dapat terjaga dan kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan dapat terjamin dan meningkat. (jrz)

Sumber : Cecep Budiarto, S.Hut - Penyuluh Kehutanan SKW II Banjarbaru

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini