Budidaya Jamur Desa Hutapadang

Rabu, 06 Oktober 2021

Panyabungan, 6 Oktober 2021. Balai TN Batang Gadis memberikan pelatihan Budidaya Jamur Tiram di Desa Hutapadang, Resort 5 Alahan Kae, selama 2 hari pada tanggal 25-26 September 2021. Pemberdayaan masyarakat pada daerah penyangga kawasan konservasi juga merupakan salah satu upaya pembangunan masyarakat sekitar kawasan yang berbasis konservasi, dengan tujuan utama meningkatkan sumber daya manusia menuju kesejahteraan dan mutu kehidupan yang lebih baik serta hidup harmonis dengan kawasan konservasi dan alam sekitarnya.

Kegiatan diikuti Kelompok Tani Aek Siondop Desa Hutapadang dengan narasumber Bapak Timbul Rahayu, pembudidaya jamur tiram di Panyabungan. Beliau merupakan pemasok jamur untuk café dan rumah makan di wilayah panyabungan dan sekitarnya, juga memiliki kelompok pendampingan budidaya jamur tiram. Peserta mengikuti sesi latihan baik materi dan praktek dengan hasil pelatihan terjadinya peningkatan pengetahuan peserta dengan nilai 75%, dari yang tidak memiliki pengetahuan apapun tentang jamur sampai dapat mengetahui kegunaan, penyiapan media tanam, menginokulasi dan melakukan pengemasan hasil panen budidaya jamur.  

Pelatihan ini didasarkan pada keberadaan masyarakat di sekitar kawasan Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) sebagai pendukung utama yang bersentuhan langsung dengan kawasan, masalah ekonomi selalu menjadi alasan rusaknya sebuah kawasan konservasi. Untuk itu upaya peningkatan ekonomi masyarakat di sekitar kawasan adalah suatu hal yang menjadi prioritas untuk dilakukan, sehingga tekanan dan interaksi masyarakat dengan hutan dapat diminimalisasi, sekaligus masyarakat/desa dapat menjadi perisai penyangga bagi kawasan dari pihak luar. 

Sumber : Balai Taman Nasional Batang Gadis

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini