Kader Konservasi BBKSDA Sumut Siap Gaungkan Konservasi di Lingkungan Masyarakat

Jumat, 01 Oktober 2021

Penyerahan SK Kader Konservasi oleh Plt.Kepala Balai Besar KSDA Sumut  kepada perwakilan kader konservasi

Medan, 1 Oktober 2021. Balai Besar KSDA Sumatera Utara menyerahkan SK Kader Konservasi di ruang rapat Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Kamis silam (30/9).  Ada dua surat keputusan yang diserahkan, Pertama SK : Nomor 227/K.3/BIDTEK/KSA/7/2021 tanggal 31 Juli 2021 tentang Penetapan Kader Konservasi Alam, terhadap 4 orang masing-masing yakni Esron Tarigan, Sastrawan Meliala, Herman Ginting, Paksa Barus dan Marheni Simanjuntak. Keempat kader konservasi tersebut melakukan kegiatan aktif di bidang konservasi di Kabupaten Deli Serdang. Kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan seperti penyelamatan tumbuhan langka, penyuluhan, penanaman pohon di lahan kritis, pemanfaatan jasa lingkungan dan objek wisata alam di lahan masyarakat dan kampanye air bersih di pemukiman.

Kedua, SK Nomor 230/K.3/BIDTEK/KSA/2021 tanggal 23 Juli 2021 tentang Penetapan Kader Konservasi Alam, untuk 10 orang masing-masing Purnama Ginting, Bahagia Sembiring, Joko Pradipto, Sondarken Sembiring, Ramadana PA, Mariani Br.Sembiring, Indah Chairina Lubis S.Pd, Candi Surbakti, Raja .N Ginting dan Adytia Syahputra Parlindungan Daulay. Kesepuluh kader konservasi ini aktif melakukan kegiatan konservasi di Kabupaten Langkat seperti penyelamatan satwa dan habitatnya, penyuluhan, penanaman pohon di lahan kritis dan menginisiasi pemanfaatan jasa lingkungan dan objek wisata alam, menaman tanaman produktif  menggantikan tanaman sawit dan melaksanakan kemah konservasi selama 5 tahun berturut-turut.

Penyerahan SK dilakukan oleh Plt. Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara Ir. Irzal, M.Si kepada perwakilan kader dan juga dihadiri oleh  Kepala Seksi Pelayanan dan Pemanfatan Suyono, S.H, M.Si beserta staf Seksi Pelayan dan Pemanfaatan. Dengan ditetapkannya sebagai kader konservasi lingkup Balai Besar KSDA Sumatera Utara, diharapkan kedepannya para  kader konservasi ini, semakin giat dalam melakukan kegiatan-kegiatan konservasi dan ekosistem yang  positif di lingkungan masyarakat.

Kader konservasi bersama Plt. KBB KSDA Sumatera Utara

Aksi kegiatan para kader konservasi sungguh mulia dan semoga semakin banyak kader-kader konservasi yang mengikuti langkah mereka di bidang konservasi alam dan ekosistem. Salam Konservasi.

Sumber : Balai Besar KSDA Sumatera Utara (Inggrid R Tarihoran, S.hut - Penyuluh Kehutanaan dan Sri Rohana Edukatianty, S.P - Pengendali Ekosistem Ekosistem)

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini