Mencoba Jelajahi TWA Sibolangit Dengan Sepeda Gunung

Jumat, 01 Oktober 2021

Pengunjung TWA Sibolangit sedang menjelajahi kawasan dengan sepeda gunung

Sibolangit, 1 Oktober 2021. Sudah pernahkah anda merasakan sensasi menjelajahi kawasan konservasi dengan sepeda gunung ? Kalau belum, datanglah ke Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit. Sambil menikmati keindahan potensi kawasan, dengan mengayuh sepeda juga memberi kebugaran dan menyehatkan tubuh.

TWA Sibolangit terus berbenah dan berinovasi untuk bersiap menjadi salah satu objek wisata alam unggulan di provinsi Sumatera Utara. Berbagai upaya dilakukan termasuk menjalin kerjasama dengan berbagai kelompok, satu diantaranya adalah Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Wisata Alam Sibolangit Berseri (WASB).

Sebagai kelompok binaan Balai Besar KSDA Sumatera Utara, sejak pertama kali terbentuk tahun 2017, Pokdarwis WASB telah menunjukkan kontribusi dan peran aktifnya dalam mempromosikan keberadaan kawasan TWA Sibolangit. Oleh karena itu, ketika kelompok ini mengajukan usul pengadaan/penyediaan sarana transportasi sepeda untuk mendukung kegiatan wisata di TWA. Sibolangit, Balai Besar KSDA Sumatera Utara pun  menyambut baik usulan tersebut.

Setelah melalui pembahasan bersama, akhirnya diputuskan bahwa Balai Besar KSDA Sumatera Utara memberikan bantuan 11 unit Sepeda Gunung Polygon Type Cascade 4 dan Helm Sepeda Gunung Polygon Type Bold, yang pengadaannya melalui kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Desa Sekitar Kawasan Konservasi, khususnya CA/TWA Sibolangit.

Penyerahan bantuan dilaksanakan pada Senin, 20 September 2021 di TWA Sibolangit, diserahkan langsung oleh Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Stabat, Herbert BP. Aritonang, S.Sos., MH., mewakili Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, kepada Ketua Pokdarwis WASB  Adil Salomo Tarigan, disaksikan  Kepala Resort CA/TWA Sibolangit Samuel Siahaan, SP.

Penyerahan simbolis bantuan sepeda gunung beserta helm oleh Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Stabat kepada Ketua Pokdarwis WASB

Selanjutnya pasca diterimanya sepeda gunung, pada Minggu 25 Sepember 2021, anggota Pokdarwis langsung menjajal traking di dalam kawasan TWA Sibolangit sepanjang 3,2 km. dan jalan di Desa Sibolangit, sambil mempromosikan wisata bersepeda di TWA Sibolangit.

Harapannya kedepan, sebelas unit sepeda gunung yang dikelola oleh Pokdarwis WASB ini nantinya bermanfaat sebagai sarana pendukung kegiatan wisata alam bagi pengunjung yang ingin menikmati panorama dan keindahan kawasan TWA Sibolangit sembari berolahraga, serta bermanfaat juga dalam meningkatkan perekonomian masyarakat desa, khususnya yang tergabung dalam Pokdarwis WASB.

Sumber : Samuel Siahaan, S.P. - PEH Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

  

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini