Balai Taman Nasional Komodo Sukses Menyelenggarakan Virtual Tour Pertama Bersama Direktorat PJLHK

Kamis, 30 September 2021

Pemandu Virtual Tour Balai Taman Nasional Komodo menanggapi pertanyaan peserta Zoom dan Youtube secara tangkas dan informatif

Labuan Bajo, 24 September 2021. Balai Taman Nasional Komodo melakukan Virtual Tour “Taman Nasional dan Taman Wisata Alam” yang diselenggarakan oleh Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi (PJLHK), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, bulan Agustus silam (24/8). Kegiatan ini diselenggarakan secara virtual melalui aplikasi Zoom dan disiarkan secara langsung melalui aplikasi Youtube. Virtual Tour Taman Nasional Komodo berlangsung selama kurang lebih 2 jam dan diikuti oleh 480 peserta Zoom Meeting dan Live YouTube. Peserta sebagian besar merupakan mahasiswa, guru/dosen, dan pelajar tingkat sekolah dasar dari berbagai wilayah seperti Surabaya, Bogor, dan Jakarta.

Virtual Tour ini  bertujuan untuk memberikan informasi edukasi kepada masyarakat mengenai alur kunjungan wisatawan, sistem manajemen pengunjung, ragam obyek daya tarik wisata alam daratan maupun perairan, serta menunjukan keindahan bentang alam bawah laut Taman Nasional Komodo. Peserta dibuat seolah-olah melakukan tur secara nyata dan diberikan kesempatan untuk dapat menyaksikan Kembali pengalaman menarik tersebut melalui rekaman Youtube.

Pelaksanaan Virtual Tour Taman Nasional Komodo dipandu oleh Pengendali Ekosistem Hutan yang juga merupakan Duta Wisata Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2015 (Muhammad Ikbal Putera) dan Mahasiswi Magang Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (Bunga Cinta Evangelin). Virtual Tour Taman Nasional Komodo diawali dengan sambutan Direktur PJLHK (Nandang Prihadi) dan Kepala Balai Taman Nasional Komodo (Lukita Awang Nistyantara).

Tim kreatif Balai Taman Nasional Komodo yang terdiri dari Dimitri Hanzalla, Yovi Septia, Novita Yanti Sidabutar, Aliifatus Syahiidah, Mohammad Rizqi Afreza, Banu Widyanarko, Fahri Ikhlas terlibat langsung dan berpartisipasi aktif mendukung keberlangsungan kegiatan dari balik layar. Tim kreatif Balai Taman Nasional Komodo juga menyiapkan serangkaian pertanyaan yang dikemas dalam permainan daring interaktif bagi peserta dan menyediakan door prize menarik dari para sponsor hadiah bagi pemenang.

Acara Virtual Tour Taman Nasional Komodo berlangsung dengan sangat meriah dan diselimuti dengan antusiasme para peserta yang selalu semangat menyimak apa yang disampaikan oleh

kedua pemandu. Acara ini ditutup dengan komentar spontan yang dilontarkan oleh salah satu peserta Zoom, “Seru banget dah walaupun virtual!”. Rekaman Virtual Tour Taman Nasional Komodo   dapat   disaksikan   ulang   pada   aplikasi   Youtube   melalui   tautan   berikut: https://bit.ly/vtkomodo.

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Penulis: Bunga Cinta Evangelin dan Mohammad Rizqi Afreza | Penyunting: Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.S.

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini