Telur Penyu Pasitallu Barat Akhirnya Menetas

Senin, 30 Maret 2020

Resort Pasitallu Tengah - Taman Nasional Taka Bonerate, 30 Maret 2020. Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Balai Taman Nasional Taka Bonerate (TNTBR) telah melakukan pemantauan sarang penyu sisik di Pulau Pasitallu Barat yang ditemukan pada kegiatan survei habitat penyu, akhir Januari lalu.

Telur penyu ini telah diperkirakan akan menetas pada tanggal 20-an bulan maret ini. Petugas Resor Pasitallu Timur dan Tengah pun bergegas menuju Pulau Pasitallu Barat untuk pengecekan.

"Alhamdulillah, perkiraan kami waktu netasnya sesuai," ujar Anam salah satu PEH di SPTN Wilayah II Jinato.

Hasilnya, pada hari Senin, 23 Maret 2020, tim mendapatkan momen yang tepat dimana ketika sarang digali, telur-telur telah menetas, kemudian tukik penyu sisik hasil penetasan alami ini perlahan-lahan keluar dari sarangnya.

"Awalnya satu tukik yang keluar, kemudian disusul oleh tukik-tukik lainnya," Ucap Anam dengan senangnya.

Total telur yang menetas dan menjadi tukik adalah 111 dari 114 telur jadi ada 3 telur yang tidak berhasil menetas. Tukik-tukik ini kemudian diamankan ke kantor resor Pasitallu Timur, untuk selanjutnya dilakukan pemeliharaan selama kurun waktu 2-4 minggu. Setelah dilakukan perawatan, tukik-tukik ini akan dilepaskan kembali ke habitatnya.

Sumber : Balai Taman Nasional Taka Bonerate

Teks & Foto : Khoirul Anam, S.Pi - PEH Pertama SPTN Wil.II Jinato;

Editor : Asri - PEH Penyelia Balai TN Taka Bonerate 

 

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini