Dua Upacara Pengibaran Bendera Balai TN Kepulauan Togean

Ampana, 19 Agustus 2019. Balai Taman Nasional Kepulauan Togean (TNKT) gelar rangkaian upacara dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke-74. Rangkaian kegiatan terdiri dari Upacara Pengibaran Bendera di Kantor Balai TNKT dan Upacara pengibaran Bendera di Bawah Laut. Pengibaran Bendera di kantor Balai TNKT dipimpin langsung oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Oktovianus, S.Hut. pada tanggal 17 Agustus 2019 pukul 07.30 Wita. Pelaksanaan upacara bendera berlangsung hikmad dengan peserta yang berasal dari ASN dan PPNPN Balai TNKT serta ASN dari KPH Sivia Patuju Kabupaten Tojo Una-Una. Saat Upacara berlangsung juga ada pemberian tali asih yang diberikan kepada rekan-rekan Balai TNKT yang mengalami kedukaan serta melangsungkan pernikahan ananda tercinta.  Upacara Selesai Pukul 08.30 Wita dan dilanjutkan dengan ramah tamah antara pegawai.

Pada Pukul 09.00 dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-74 dilanjutkan dengan kegiatan pengibaran bendera bawah laut di perairan Tojo Una-Una.  Pembukaan acara dihadiri oleh Bupati Kabupaten tojo Una-Una dan stakeholders terkait. Petugas pengibar bendera bawah laut berjumlah 17 orang yang terdiri dari penyelam Balai TNKT, Dinas Pariwisata dan Komunitas Ampana Diving Club dan menyelam pada kedalaman 10 m.

Ir. Bustang menyatakan bahwa Upacara Bawah Laut pernah dilaksanakan oleh TNKT pada tahun 2016 dan tahun 2019 ini. Menurutnya pelaksanaan upacara bawah laut ini telah dipersiapkan jauh-jauh dari dengan konsep yang matang dan dilengkapi dengan peralatan menyelam yang memadai.  Tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya demi tercapainya kemerdekaan negara Republik Indonesia hingga kita dapat menikmatinya saat ini.

“Pesan lingkungan yang dapat dipetik dari kegiatan ini bahwa kita sebagai makhluk hidup harus menjaga kelestarian laut dari kegiatan yang merusak seperti Destructive Fishing, membuang sampah di laut atau sembarang tempat untuk manfaat yang diperoleh oleh generasi yang akan datang,” ujarnya.

Sumber : Mega Putri A. - Penyuluh Muda Balai Taman Nasional Kepulauan Togean

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini