Membangkitkan Semangat RBM Melalui SMaRT RBM di Balai TN Karimunjawa

Semarang, 23 April 2019. Balai Taman Nasional Karimunjawa (BTNKj) bersama Direktorat Kawasan Konservasi (KK) dan Wildlife Conservation Society (WCS) mengadakan pengenalan dan pelatihan Spatial Monitoring and Reporting Tool – Resort Based Management (SMaRT-RBM). Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 22 s/d 24 April 2019 bertempat di Aula Balai TNKj, Semarang. Acara pelatihan yang diikuti para pejabat fungsional, Kepala Resort dan Kepala Seksi ini dibuka secara resmi oleh Kepala Balai TNKj Agus Prabowo, S.H., M.Si. Dalam sambutannya, Kepala Balai menyampaikan harapannya dengan pengenalan tool baru dalam implementasi RBM ini dapat menambah pengetahuan dan semangat kembali ke lapangan. Kegiatan ini dihadiri narasumber dari Direktorat KK dan trainers dari WCS.

Pelatihan SMaRT RBM ini diikuti 16 orang pegawai Balai TNKj yang mewakili pejabat fungsional PEH, Polhut dan Penyuluh baik yang di lapangan maupun di Balai. Selain pejabat fungsional, hadir juga para Kepala Resort Pengelolaan Wilayah dan Kepala Seksi Pengelolaan Wilayah. Peserta menerima materi dari Direktorat KK tentang Pengenalan SMaRT RBM dan dari WCS tentang Perencanaan dan Pelaksanaan Marine SMaRT Patrol di Kawasan Konservasi NTB serta SMaRT sebagai Sistem Informasi Manajemen Kawasan Konservasi. Para peserta sangat antusias menerima materi tentang SMaRT RBM ini, bahkan ada peserta yang berbagi pengalaman tentang awal pelaksanaan RBM di TNKj yang masih menggunakan form registrasi manual dan menyambut baik SMaRT RBM apabila diimplementasikan di Balai TNKj.

Dengan terlaksananya pengenalan dan pelatihan SMaRT RBM di Balai TNKj ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan semangat bagi pengelola Balai TNKj baik petugas yang di lapangan maupun pejabat struktural sebagai pengambil kebijakan dalam mewujudkan salah satu dari 10 Cara Baru Kelola Kawasan Konservasi yaitu Resort Based Management.

Sumber : Balai Taman Nasional Karimunjawa - 2019

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini