Inventarisasi Akses Masyarakat BKSDA Sultra

Kendari, 22 Maret 2019. Balai KSDA Sulawesi Tenggara melakukan kegiatan Inventarisasi Akses Masyarakat di Blok Pengelolaan Taman Wisata Alam Laut (TWAL) Kepulauan Padamarang Kabupaten Kolaka Provinsi Sulawesi Tenggara. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengetahui berbagai sumber/potensi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mendukung kegiatan kemitraan konservasi dan mempermudah dalam menyusun rencana pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan TWAL. Kepulauan Padamarang.  

Kepala Balai KSDA Sulawesi Tenggara menyampaikan bahwa masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan konservasi sangat tergantung dengan keberadaan sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitarnya sebagai sumber penghidupannya sedangkan kegiatan konservasi seringkali dianggap sebagai penyebab konflik antara pihak pengelola kawasan dengan masyarakat yang tinggal disekitar kawasan konservasi karena dianggap dapat mematikan sumber penghasilan mereka. Sehingga diharapkan kegiatan inventarisasi akses masyarakat ini dapat meminimalisir konflik dan memperoleh dukungan perlindungan kawasan dari masyarakat serta memberi akses terhadap pengelolaan bersama di kawasan konservasi khususnya di TWAL. Kepulauan Padamarang dalam bentuk kemitraan konservasi.  

Sasaran kegiatan ini yaitu masyarakat desa penyanggga yang melakukan aktifitas ekonomi di sekitar kawasan TWAL. Kepulauan Padamarang dengan metode yang digunakan yaitu observasi lapang dan wawancara langsung dengan masyarakat menggunakan kuisioner yang telah disiapkan. Pada kesempatan ini pula, tim memberikan informasi dan pemahaman tentang TWAL. Kepulauan Padamarang yang merupakan salah satu kawasan konservasi yang harus kita jaga dan lindungi kelestariannya.  

Sumber :  Balai KSDA Sulawesi Tenggara

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini