Yuk Lihat Terobosan Tata Kelola Ekowisata TWA Kawah Ijen

Sabtu, 20 Oktober 2018

Jakarta, 20 Oktober 2018. Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA Jatim) Nandang Prihadi memaparkan terobosan dalam pengelolaan ekowisata Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen yaitu dengan berbasis masyarakat pada Rapat Kordinasi Teknis (Rakornis) Bidang KSDAE Tahun 2018 di Crowne Hotel Kamis silam (18/10/18). Nandang menggabungkan berbagai faktor dan unsur kebaruan (Role Model) guna terwujudnya ekowisata TWA Kawah Ijen yang dapat memberikan manfaat signifikan dari segi finansial untuk masyarakat di sekitar sekaligus terjaganya kelestarian dan ekosistem di TWA Kawah Ijen.

BBKSDA Jatim berkomitmen bersama masyarakat dan mitra/stakeholder bahwa dibutuhkan pemenuhan sarpras, peningkatan kompetensi petugas disetiap sektor (pemandu & penyedia jasa lainnya), adanya manajemen pengunjung (online ticket, SOP pendakian, Ijen Rijik, promosi yang optimal di medsos) serta usulan perubahan peraturan/kebijakan.

Itulah strategi pengelolaan ekowisata TWA Kawah Ijen berbasis masyarakat yang juga diapreasi dan didukung peserta Rakornis Bidang KSDAE Tahun 2018. Hal ini juga terlihat bahwa beberapa perubahan pengelolaan di TWA Kawah Ijen bahkan menjadi rumusan dan rekomendasi Rakornis Bidang KSDAE Tahun 2018. Bekerja tanpa diawasi, Disiplin tanpa diperintah menjadi motto BBKSDA Jatim yang selalu menjadi penyemangat bahwa TWA Kawah Ijen akan memberikan manfaat jika terjaga kelestariannya.

Sumber : Balai Besar KSDA Jawa Timur

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini