Petugas BBTN Bromo Tengger Semeru Siaga Pelayanan Wisata Lebaran

Malang, 11 Juni 2018. Balai Besar Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) selama cuti bersama Lebaran 1439 H tetap melakukan pelayanan terhadap pengunjung wisata G. Bromo dan Pendakian G. Semeru. Penjadwalan piket petugas telah dilakukan selama cuti bersama dari tanggal 9 s.d 20 Juni 2018 agar pelayanan pengunjung tetap berjalan. Berdasarkan data dari aplikasi booking online dari tanggal 17 s.d 23 Juni pendakian G. Semeru sudah mencapai full kuota.

Selain penjadwalan petugas piket, BBTNBTS juga melakukan antisipasi terhadap hal-hal yang mungkin terjadi selama berwisata di TNBTS dengan pemasanngan papan-papan himbauan dan larangan agar tidak terjadi kecelakaan maupun hal lain yang tidak diinginkan. Pemasangan papan himbauan dan larang diletakkan di pintu masuk dan lokasi-lokasi wisata di TNBTS (Coban Trisula, Cemoro Lawang, Wonokitri, view point Penanjakan, Ranupani). Operasional kendaraan Roda 2/4 juga disiagakan ditempat-tempat strategis untuk evakuasi jika terjadi kecelakaan didalam kawasan wisata TNBTS. Mitra terutama Polisi, TNI serta para pelaku wisata (jeep, ojek, PKL, Hotel, kuda) juga diikutsertakan dalam pengamanan terhadap pengunjung selama libur lebaran tahun ini.

“Saya harap seluruh pengunjung mematuhi semua yang tidak boleh dilakukan selama berwisata di TNBTS, utamanya dilarang merokok karena kondisi saat ini yang sudah masuk musim kemarau sehingga rawan terjadi kebakaran” tegas John Kenedie, Kepala BBTNBTS. 

John Kenedie juga menambahkan “Sampah terutama sampah plastik untuk dibuang di tempat sampah yang telah disediakan, selain itu untuk pendakian G.Semeru sampah yang dibawa oleh pendaki wajib dibawa kembali turun”.

Kepadatan pengunjung terutama di G.Bromo biasanya terjadi sehari setelah hari Lebaran, seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini