Tim Gabungan Terpadu Padamkan Karhut di SM Giam Siak Kecil

Pekanbaru, 23 Februari 2021 - Selama 4 (empat) hari terakhir ini, Tim gabungan terpadu yang terdiri dari Daops Manggala Agni Sumatera V/Dumai, Balai Besar KSDA Riau, TNI, POLISI, Damkar Bengkalis, BPBD, RPK, Masyarakat Peduli Api (MPA) bersama masyarakat bahu membahu berjibaku memadamkan api di Simpang Dinamit, RT. 03/RW. 01, Desa Tasik Serai, Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis (23/2).

Cuaca panas berangin, tanah gambut dengan kedalaman 3 meter serta vegetasi seperti kebun sawit, ilalang dan semak belukar cukup menjadikan Tim gabungan terpadu kewalahan dengan kondisi kebakaran di kawasan Suaka Margasatwa (SM) Giam Siak Kecil. Luas areal yang terbakar sekitar 20 hektar. Keberadaan kanal – kanal di sekitar lokasi kebakaran cukup membantu dalam penyediaan sumber air untuk pemadaman.

Dengan peralatan 2 (dua) unit mesin max3, 2 (dua) unit mesin Mark3, 1 (satu) unit mesin Mini, 2 (dua) unit mesin Mini Striker dan 2 (dua) unit excavator, Tim melakukan pemutusan kepala api di beberapa titik. Tim juga membuat sekat bakar menggunakan excavator agar tidak meluas ke area hutan yang belum terbakar.

Sampai hari ini (23/2), Tim gabungan terpadu masih berada di lokasi untuk melakukan pendinginan dan memperlebar penyekatan dengan penyiraman api agar tidak timbul Kembali kebakaran melihat cuaca maih cukup panas disertai angin.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini