Peningkatan Sistem Pelayanan Pendakian Gunung Nokilalaki Di Taman Nasional Lore Lindu

Palu, 22 Agustus 2019. Jalur pendakian Gunung Nokilalaki sudah lama dikenal oleh para pendaki maupun Kelompok Pencinta Alam se-Sulawesi Tengah sebagai salah satu lokasi pendakian yang cukup menantang dan mempunyai tingkat kesulitan tersendiri dengan medan pendakiannya yang terjal menanjak. Jalur pendakian ini berjarak sekitar 60 Km dan dapat ditempuh sekitar 2 jam dari Kota Palu. Jalur masuk pendakian ini berbatasan dengan Desa Tongoa, Kecamatan Palolo_Kabupaten Sigi dan berada di wilayah kerja Resort Kadidia-Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah III Tongoa serta berjarak 8,16 Km dari jalan masuk jalur pendakian Gunung Nokilalaki (Desa Tongoa) untuk sampai ke puncak gunungnya yang berada pada ketinggian 2.355 meter dari permukaan laut (mdpl). Menuju ke puncak Gunung Nokilalaki saat ini baru terdapat 3 (tiga) buah area shelter atau tempat peristirahatan bagi pagi para pendaki gunung untuk sejenak beristirahat dan memulihkan stamina atau bermalam sebelum melaksanakan pendakian di hari berikutnya. 

Sepanjang tahun, jalur pendakian Gunung Nokilalaki banyak sekali mendapat kunjungan dari para wisatawan minat khusus yaitu para pendaki gunung, tidak terkecuali pada momen-momen seperti peringatan HUT RI dan tahun baru, jumlah pengunjung yang datang ke Gunung Nokilalaki cukup signifikan banyaknya. Melihat kondisi potensial banyaknya pengunjung yang datang dan pengelolaannya yang selama ini belum optimal dari Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (BBTNLL) maka Kepala BBTNLL saat ini, Ir. Jusman melakukan upaya untuk mengembangkan potensi jalur pendakian Gunung Nokilalaki ini menjadi destinasi minat khusus melalui Peningkatan Sistem Pelayanan Pendakian Gunung Nokilalaki secara kolaborasi dan terintegrasi dengan dukungan dari segenap pihak antara lain  Dinas Pariwisata Sulawesi Tengah, Dinas Pariwisata Kabupaten Sigi, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sigi, Basarnas Propinsi Sulawesi Tengah, PT. Asuransi Syariah Amanah Githa dan Paguyuban Pelayanan Pendakian Gunung Nokilalaki melalui narasi pernyataan bersama yang telah ditandatangani pada kamis (1/08/2019).

Berbagai kegiatan pendakian yang telah berlangsung di Gunung Nokilalaki perlu dilakukan peningkatan pelayanan yang melibatkan pihak-pihak terkait, baik dalam hal promosi, keselamatan para pendaki ataupun hal-hal lain yang terkait pelayanan terhadap para pengunjung yang diselenggarakan secara kolaboratif dan terintegrasi sesuai dengan kapasitas dan kewenangan masing-masing instansi. Komitmen ini yang sedang dibangun BBTNLL agar dukungan peningkatan sistem pelayanan pendakian Gunung Nokilalaki di Propinsi Sulawesi Tengah dapat terlaksana secara kolaboratif dan terintegrasi sehingga jalur pendakian yang akan dikembangkan ini menjadi objek wisata minat khusus unggulan dan berpotensi untuk memberikan nilai ekonomi kreatif bagi masyarakat sekitar kawasan dengan berbagai usaha dan jasa yang muncul dengan adanya jalur pendakian Gunung Nokilalaki ini.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini