Tim Rescue BKSDA Sulawesi Tenggara Evakuasi Ular Kobra di Desa Uepai

Senin, 08 Juli 2019

Kendari, 8 Juli 2019. Tim Rescue BKSDA Sulawesi Tenggara evakuasi Ular Kobra (Naja) yang masuk ke pemukiman warga di Desa Uepai Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara. Sebelumnya, Tim Rescue BKSDA Sulawesi Tenggara mendapatkan laporan dari masyarakat tentang adanya penemuan Ular Kobra di Desa Uepai yang cukup viral di sosial media dan link berita seputar Sultra. Kepala Balai KSDA Sulawesi Tenggara kemudian memerintahkan tim untuk menindak lanjuti laporan tersebut.

Tim selanjutnya menuju ke lokasi untuk melakukan upaya evakuasi. Setibanya di lokasi, tim melakukan koordinasi dengan pihak terkait (masyarakat sekitar) dalam upaya penanganan satwa ini dan mendapatkan informasi bahwa ular kobra ditemukan oleh Bpk. Gde Badut saat pulang dari sawah. Kemudian ular itu ditangkap dan dimasukan ke tempat penampungan air (tower) untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.  

Penanganan satwa ini dilakukan dengan sangat hati-hati karena termasuk binatang berbahaya dan memiliki bisa/racun yang tinggi. Ular Kobra tersebut kemudian di evakuasi ke kantor BKSDA Sulawesi Tenggara untuk memperoleh penanganan lebih lanjut.

Selain melakukan evakuasi, tim memberikan informasi kepada masyarakat agar selalu waspada jika akan melakukan aktifitas mengingat ular jenis ini terkenal agresif dan biasa menghuni habitat mulai dari hutan, lahan pertanian, perkebunan dan semak belukar. Tim juga mengajak masyarakat untuk menjaga habitat ular ini karena jika kita tidak mengganggu habitatnya niscaya ular tersebut tidak akan mengganggu kita.

  

Sumber:  Balai KSDA Sulawesi Tenggara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 2

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini