Kemah Konservasi Balai TN Kelimutu di Bumi Perkemahan Boelanboong

Ende, 18 Mei 2019. Mensinergikan pengembangan Destinasi Ekowisata Kelimutu oleh para pihak dilaksanakan melalui acara kemah konservasi yang dipadukan dengan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) pada hari Jumat 17-18 Mei 2019 di Bumi Perkemahan Boelanboong, Desa Wologai Tengah, Kecamatan Detusoko, Ende. Acara ini diinisiasi oleh Balai Taman Nasional Kelimutu dan DMO Flores diikuti juga oleh perwakilan kelompok kemitraan masyarakat desa penyangga sekeliling Kelimutu, HPI Ende, ASITTA Ende, Tour and Travel operator di Ende, Decotourism dan  para pelaku wisata Moni.

Boolanboeng merupakan bumi perkemahan yang dikembangkan bersama oleh Balai TN Kelimutu dengan kelompok masyarakat SPKP Desa Wologai Tengah. Dalam kegiatan yang diawali dengan arahan Kepala Balai TN Kelimutu ini dilakukan koordinasi dan penjelasan penyiapan destinasi ekowisata terpadu di sekeliling TN Kelimutu terkait interkoneksi, pemahaman produk, penguatan kelembagaan, kemampuan mengemas produk dan kecerdasan memasarkan produk.

Pengembangan ekowisata Kelimutu yang tidak hanya danau Tiga Warna, tapi dengan banyak objek wisata lain yg tersebar di beberapa wilayah penyangganya yang dapat disatukan menjadi keutuhan dan kekuatan bersama yaitu Destinasi Ekowisata Kelimutu.

Dalam FGD ini disepakati wadah komunikasi bersama tersebut yang diberi nama Forum Ekowisata Kelimutu (FekoLi) yang juga memiliki arti suara seruling dalam bahasa Lio yang akan dikoordinir oleh Bpk Yanto (Moni) dan Bpk Nando (Decotourism).

Tak lupa juga dilakukan acara buka puasa dan sahur bersama untuk meningkatkan keakraban. Semoga dari acara ini terjalin kesepahaman yang terus berkembang menjadi kekuatan besar dalam pengelolaan Destinasi Ekowisata Kelimutu dikemudian hari.

Sumber : Balai Taman Nasional Kelimutu

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini