Bidang PTN Wilayah III Bogor TNGGP Goes To Campus IPB 2018

Pentingnya “Bercengkrama” Dengan Akademisi

Masalah-masalah lingkungan berakar dari karakteristik manusia dan ketidakmampuan dalam mengembangkan satu sistem nilai sosial dan gaya hidup sehingga tidak mampu hidup serasi dengan lingkungan. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) merupakan kawasan konservasi yang menjadi salah satu obyek penting dalam lingkungan, karena keberadaanya sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia baik yang berada di sekitarnya maupun masyarakat secara global.

Pendidikan merupakan salah satu bagian dari upaya dalam penyelamatan lingkungan diharapkan dapat membentuk karakter masyarakat agar lebih perduli dan pada akhirnya mau turut serta dalam pelestarian kawasan TNGGP. Untuk itu, TNGGP secara rutin melaksanakan kegiatan pendidikan lingkungan dimana obyeknya kalangan mahasiswa di perguruan tinggi sekitar TNGGP. Kami menyebutnya dengan “GOES TO CAMPUS”.

“GOES TO CAMPUS” Kali ini lebih spesial

Goes To Campus tahun 2018 dilaksanakan pada tanggal 25 September di Depertamen Konservasi Sumber Daya Hutan dan Ekowisata (DKSHE) Fakultas Kehutanan - Institut Pertanian Bogor (IPB). Goes to Campus kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya, kami tidak hanya sekedar membawa “misi” memberikan informasi terkini tentang Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Namun lebih dari itu, kami punya harapan besar akan ada rencana aksi setelah kegiatan ini. Hubungan yang sudah lama terjalin agar kembali semakin “mesra”. Pengelolaan TN tidak bisa sendirian, perlu adanya kolaborasi antar institusi. Mengingat perlunya pengelolaan yang berbasis keilmuan, maka sangat pas jika kita bergandengan tangan dengan perguruan tinggi sekitar.

Kegiatan ini langsung dihadiri oleh Ketua DKSHE Fakultas Kehutanan IPB beserta para dosen, dan perwakilan mahasiswa. Pihak kampus menyambut baik kegiatan ini, harapannya kedepan terjalin kerjasama yang lebih erat lagi. Mengingat jurusan konservasi sangat cocok berkegiatan langsung di kawasan konservasi khususnya TNGGP.

Materi ini yang disampaikan adalah sekilas TNGGP, program yang ada di PPKAB sebagai role model, serta regulasi kerjasama. Kami berharap pihak kampus semakin terbuka dan memahami aturan yang bisa ditempuh dan peluang apa saja yang bisa dikolaborasikan.

Ada beberapa masukan yang membuat kami merasa tidak “sendirian” dalam menjaga kelestarian TNGGP. IPB khususnya DKSHE bersedia membantu penguatan pengelolaan TNGGP dalam bentuk penelitian dan pendidikan. Hal ini sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu, salah satu mahasiswa membuka “jalan” bahwa kegiatan Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumber Daya Hutan dan Ekowisata (Himakova) selalu melaksanakan ekspedisi besar setiap tahunnya di kawasan konservasi. Hal ini bisa kedepan akan dilaksanakan di TNGGP.

Sumber : Agung Gunawan, S.Hut. – PEH Balai Besar TNGGP

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini