Operasi Gabungan Balai TN Taka Bonerate Amankan Bahan Baku Gelang dari Akar Bahar

Senin, 04 Desember 2017

Jinato-Kepulauan Selayar, 4 Desember 2017. Masih dalam pelaksanaan Operasi Pengawasan dan Pengamanan Perairan Gabungan guna menyisir kawasan Taman Nasional Taka Bonerate (28 Nopember - 2 Desember 2017), dilakukan secara berkala tersebut bertujuan untuk menjaga dan meminimalkan kerusakan ekosistem terumbu karang dan biota laut lainnya melalui upaya pengawasan dan pengamanan serta penegakan hukum.

Setelah melakukan pengamanan perairan, kini tim Operasi Gabungan (Obgab) kembali melakukan pembinaan terhadap pengrajin perhiasan gelang dan cincin yang bahan utamanya adalah akar bahar. Dimana diketahui akar bahar adalah salah satu biota laut yang dilindungi.

M. Baso, Kanit Reserse Polsek mengatakan bahwa ada 4 pembuat kerajinan dari biota dilindungi ini dibina dan diamankan bahan bakunya serta menandatangani Surat Pernyataan Pembinaan yang jika nanti didapatkan lagi beroperasi maka akan ditindak sesuai aturan.

Lebih lanjut Ajadin Anhar (Ketua tim Opgab) menjelaskan peraturan yang dilanggar adalah Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem dan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.

Dengan dilaksanakannya patroli gabungan secara berkala ini diharapkan kegiatan-kegiatan ilegal di kawasan TN Taka Bonerate dapat diantisipasi dan diminimalisir, sehingga tingkat kerusakan terumbu karang dapat ditekan.

Sumber : Asri - Balai TN Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini