Kemah Iman di TWA Sibolangit

Selasa, 25 Februari 2020

Sibolangit, 24 Februari 2020. 52 siswa/i MTs Alwasliyah Paya Bakung-Hamparak Perak melakukan kemah iman dengan Tema “Menghayati Alam beserta Isinya” pada Senin (17/2) dini hari silam. Didampingi guru dari sekolah, Dicco Tamara,  S.Pd, Nur Dwi Ningsih, S.Pd dan M. Fitra Aulia, S.Pd. Kegiatan diawali dengan persiapan api unggun, penyiapan tempat, serta ucapan selamat datang kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit untuk penambahan pengetahuan peserta sebelum memasuki kawasan.

Setelah persiapan, peserta menunaikan shalat subuh kemudian dilanjutkan dengan aktivitas menyongsong Fajar yang merupakan salah satu acara inti. Peserta diajak merasakan perubahan suasana di hutan dari malam (gelap) ke siang (terang) dan ingin tahu bagaimana mahluk hidup di dalam hutan menyongsong fajar di pagi hari. Disini juga Peserta diajak merenungkan alam yang telah memberi sejuta manfaat bagi kehidupan mahluk hidup serta  bagi manusia dengan duduk dilantai hutan. Aktfitas  dilanjutkan dengan olahraga pagi berupa lari dan senam untuk melatih generasi muda yang tangguh, kuat dan sehat saat ini dan masa mendatang.

Sesaat Istirahat Pukul 09.00 Wib dilanjutkan Eksplorasi TWA Sibolangit . Eksplorasi TWA Sibolangit merupakan salah satu cara untuk mengetahui potensi keanekaragaman jenis tumbuhan (Flora) dan Satwa ( Fauna), serta Potensi lainnya juga  untuk mengamati Fungsi Manfaat Hutan TWA Sibolangit bagi kehidupan sekitarnya.

Eksplorasi TWA Sibolangit dbagi 3 Kelompok dijalur Interpretasi dan dipandu langsung Petugas Resort. Setiap Kelompok  mencatat, gambar  serta memvideo  hasil yang diperoleh. Hasil Video nanti menjadi video Dokumenter masing-masing kelompok. Tidak terlewatkan juga mengunjungi Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Sibolangit yang masih berada di TWA Sibolangit untuk mengetahui berbagai Jenis Satwa dilindungi dan Upaya Penyelamatan satwa.

Dilanjutkan dengan  Sharing Besar/Persentasi 3 Kelompok. Persentasi Kelompok  dilakukan untuk menjelaskan  kembali pengalaman selama mengikuti setiap tahapan kegiatan dari awal sampai selesai sehingga peserta  Kemah Iman memahmai Alam beserta Isinya. Sebelum berakhir, Kepala Resort memberikan Buku –Buku Konservasi, Stiker  dan Buletin Beo Nias Kepada siswa dan Guru untuk mehamai Informasi tentang Konservasi. 

Sumber : Samuel siahaan - PEH Pertama Balai Besar KSDA Sumatera Utara

6
Peserta menyusuri jalur interprestasi TWA. Sibolangit dan penyerahan buku konservasi kepada peserta.

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini