Balai TN Kayan Mentarang Gali Potensi Ikan Sungai Bahau Hulu

Kamis, 17 Oktober 2019

Malinau, 16 Oktober 2019 – Balai Taman Nasional Kayan Mentarang (TNKM) terus berupaya mengekplorasi Potensi Kehati yang ada di kawasan Taman Nasional Kayan Mentarang. Kali ini, giliran ikan-ikan di Sungai Bahau Hulu tepatnya di Resort Apau Ping Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN)Wilayah II Long Alango yang di "obok-obok". Selama hampir 2 pekan meneliti pada 12 titik dari 3 stasiun penelitian, tim ekplorasi telah mengidentifikasi sebanyak 21 spesies ikan dari 10 Family dengan total 727 individu.

Sebagian besar potensi ikan pada Sungai Bahau Hulu merupakan family Cyprinidae dengan persentase 57,1 % atau 12 spesies, sementara Family Bagridae, Osphronemidae, Balitoridae, Sisoridae, Channidae, Lutjanidae, Siluridae, Mastacembelidae, dan Anguilidae masing-masing memiliki 1 spesies. Nilai Indeks Biologi menunjukan bahwa keanekaragaman spesies bernilai 1,875 – 2,602, sementara keseragamannya bernilai 0,884 – 0,907. Dominasi pun lebih mendekati angka 0 (nol) yakni berada pada nilai 0,065 – 0,172. Dengan demikian kekayaan individu dan keseragaman yang dimiliki masing-masing spesies relatif sama dan merata.

Dalam status konservasi, sebanyak 1 jenis ikan termasuk dalam kategori dilindungi berdasarkan PermenLHK Nomor : P.106/Menlhk/Setjen/Kum.1/12/2018 yakni jenis Schismatorhynchos heterorhynchos atau yang dikenal masyarakat lokal dengan nama Ikan Pasa. Selain itu, ikan Kuyut (Bagrius yarrelli) dari Family Sisoridae masuk dalam kategori Near Threatened (NT) berdasarkan data IUCN Red List yang berarti mendekati terancam punah.

Eksistensi sungai Bahau Hulu yang menyimpan tingginya potensi ikan tak terlepas dari peranan masyarakat adat yang menjunjung tinggi nilai-nilai Kearifan lokal dalam memanfaatkan potensi ikan serta dan menjaga kualitas sungai. Dengan tetap memperhatikan aspek konservasi, potensi ini dapat menjadi sumber peningkatan ekonomi masyarakat dan mendorong ekowisata aquatik.

Sumber : Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Long Alango Balai Taman Nasional Kayan Mentarang

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini