Si Cantik Mekar Sempurna di Tanah Krayan

Sabtu, 20 Juli 2019

Malinau, 19 Juli 2019. Balai Taman Nasional Kayan Mentarang (TNKM) menggiatkan kembali monitoring Rafflesia sejak tahun 2018 hingga sekarang sebagai bagian dari program pengeloaan keanekaragaman hayati (kehati) di kawasan  TNKM dengan menetapkan 8 plot monitoring di lokasi Buduk Tumu, Pa Api dan Tang Paye. Faktanya, waktu mekar tidak bisa diprediksi. Dibutuhkan waktu dan kesabaran untuk melihat Si Cantik dari Tanah Krayan ini mekar. Cahaya matahari, kelembaban, dan faktor lainnya menjadi penentu mekarnya.

Upaya monitoring selama 2 tahun membuahkan hasil, pada tahun 2019 ini tim monitoring mendapati Si Cantik Rafflesia pricei mekar sempurna di 2 (dua) plot di lokasi Tang Paye walau tak berlangsung lama (4-5 hari). Selebihnya, ditemukan 8 (delapan) inang, 13 (tiga belas) kopula hidup, 40 (empat puluh) knop hidup, 3 (tiga) perigon hidup, serta 2 (dua) antesis. Hasil kegiatan monitoring kali ini menguatkan kesimpulan bahwa Si Cantik ditanah Krayan mulai mekar sekitar bulan Juli.

Monitoring Rafflesia pricei ini merupakan bagian dari konsep pengelolaan kolaboratif Balai TNKM dengan melibatkan Tenaga Pengaman Hutan Lainnya (TPHL) yang direkrut dari masyarakat adat setempat di penyangga kawasan TN. Kayan Mentarang.

Rafflesia pricei salah satu flora unik dan langka yang terdapat di Taman Nasional Kayan Mentarang (TNKM). Pertama kali diketahui keberadaannya pada tahun 2003 di wilayah Pa’ Raye, Krayan Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Long Bawan Balai TNKM saat kegiatan penelitian Joint Expedition Indonesia-Malaysia. Kemudian tahun 2007, Balai TNKM melakukan inventarisasi kembali di lokasi yang sama.

Tahun 2012, kegiatan patroli yang dilakukan Balai TNKM secara tidak sengaja menemukan beberapa tumbuhan dengan bulatan keras seukuran bola ping-pong di lokasi Buduk Tumu dan Pa Api yang terindikasi merupakan Kopula dari Rafflesia. Kemudian tahun 2017 dalam kegiatan serupa juga menemukan Rafflesia pricei di lokasi Tang Paye yang letaknya berbatasan dengan Negara Malaysia.

Sumber : Balai Taman Nasional Kayan Mentarang
Artikel & dokumentasi by : 
Tim Monitoring Raflesia SPTN I Long Bawan

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini