Tana Bentarum Mendorong Pendidikan Konservasi Alam Kaum Milenial

Rabu, 10 Juli 2019

Selasa, 9 Juli 2019. Dalam Rangka Hari Konservasi Alam Nasional tahun 2019 dan penerapan Cagar Biosfer Betung Kerihun Danau Sentarum Kapuas Hulu, Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (Tana Bentarum) melakukan kegiatan Pendidikan Konservasi  Alam khusus kaum Milenial. Kegiatan tersebut dilaksanakan di SMA Negeri I Embaloh Hulu dengan melibatkan 137 siswa bersamaan dengan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi siswa baru.

Penanaman jiwa konservasi alam dan lingkungan bagi kaum milenial atau generasi muda masa kini bertujuan memberikan pemahaman pentingnya hutan bagi beraneka ragam jenis tumbuhan, dari yang kecil hingga yang berukuran “raksasa”, dari berbentuk semak hingga pohon besar serta dari yang sudah banyak di ketahui hingga tumbuhan yang sangat langka, variasi bentuk, ukuran, penampakan dan sifat lainnya yang disebut dengan keanekaragaman (biodiversity).

Narasumber dalam kegiatan tersebut yaitu Kak Mustar selaku Pamong Saka Gerakan Pramuka Wanabakti Cabang Kapuas Hulu. Pada kesempatan tersebut Kak Mustar memberikan bekal ilmu pengetahuan tentang pentingnya melestarikan lingkungan. “Berkurangnya keanekaragman hayati atau punahnya salah satu spesies penyusun ekosistem dapat meyebabkan gangguan terhadap kehidupan  dalam ekosistem tersebut”, pungkas Kak Mustar. Kepunahan satu spesies dengan sendirinya akan mengurangi keanekaragaman hayati yang ada di alam. Selanjutnya Kak Mustar juga menjelaskan faktor penyebab berkurangnya keanekaragaman hayati adalah bencana alam dan ulah manusia seperti pembakaran hutan, penebangan kayu yang berlebihan, pembukaan lahan serta pencemaran lingkungan. Mengapa  kaum milenial perlu belajar konservasi alam karena pentingnya bersama-sama menjaga kelestarian keanekaragaman hayati dan mewariskan keanekaragaman hayati itu untuk anak cucu kita. Serta Untuk menjaga keseimbangan ekosistem sehingga terlaksananya lingkungan hutan yang lestari.

Sumber: Mustarrudin - Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini