Inovasi Penerapan Sistem Informasi E-Divers Wakatobi di TN Wakatobi

Selasa, 09 Juli 2019

9 Juli 2019. Bermula dari inovasi Bapak Union, S.P. selaku Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Wangi-Wangi dalam Diklat Kepemimpinan IV yang mengusulkan ide pembuatan Sistem Informasi E-Divers Wakatobi yang kemudian didukung penuh dengan arahan langsung Bapak Darman, S. Hut., M.Sc. selaku Kepala Balai Taman Nasional Wakatobi, diluncurkanlah aplikasi Sistem Informasi Wisata Selam E-Divers Wakatobi. Sistem informasi ini menyajikan lokasi dan rencana penyelaman wisatawan di kawasan Taman Nasional Wakatobi, melalui sistem ini rencana penyelaman diarahkan sesuai dengan kuota kapasitas daya dukung lokasi penyelaman. Sehingga ekosistem terumbu karang dapat tetap terjaga dan memberikan manfaat secara berkelanjutan. Selain itu, sebagai aplikasi yang menyajikan informasi rencana penyelaman secara terintegrasi antar Dive Operator, penerapan e-Divers Wakatobi dapat memberikan kemudahan kepada Dive Operator dalam penyusunan itinerary perjalanannya. Sehingga menghindari adanya pemanfaatan lokasi selam yang bersamaan dalam satu waktu. “Adanya aplikasi ini merupakan salah satu jawaban dari kendala teknis di lapangan yang kerap terjadi apabila sesama dive operator berencana menyelam di lokasi dan waktu yang sama. Selain itu, dengan pengaturan ini dapat menjaga lokasi dive spot agar tetap terjaga keindahannya sehingga usaha wisata dapat terus berkelanjutan.”, opini dari Bapak Akas Hamid selaku pemilik Wakatobi Dive Adventure.

Sistem informasi ini bermanfaat pula dalam pengawasan aktivitas wisatawan agar lebih optimal. Sehingga dapat membantu stakeholders terkait dibidang pariwisata, perlindungan, dan pengamanan kawasan Wakatobi. “E-Divers ini masih sederhana dengan menggunakan google form dan dalam tahap pembangunan aplikasi berbasis Androidnya. Dukungan penuh dari Pemda Wakatobi, Polres Wakatobi, Pos TNI Angkatan Laut, Kantor Imigrasi Wakatobi, Perwira Penghubung DIM 1413, WWF ID SESS, Swiss Contact, Para Dive Operator, serta jajaran Balai Taman Nasional Wakatobi sangat diperlukan dalam kebermanfaatan dan pengembangan aplikasi ini ke depannya” ujar Bapak Union, S.P. selaku Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I TN Wakatobi. Besar harapan dari Bapak Darman, S.Hut, M.Sc. selaku Kepala Balai Taman Nasional Wakatobi bahwa aplikasi ini akan berkembang menjadi berbasis android dan terintegrasi dengan objek wisata dan penyedia akomodasi di seluruh kawasan Taman Nasional Wakatobi.

Taman Nasional Wakatobi yang dalam pengelolaannya bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten Wakatobi merupakan salah satu dari 7 taman nasional laut di Indonesia yang juga diamanahi sebagai Cagar Biosfer Dunia, Asean Heritage Park, Kawasan Strategis Pariwisata Nasional, serta 10 Destinasi Pariwisata Prioritas. Keindahahan ekosistem bawah laut Wakatobi sudah menjadi idaman para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Aktivitas wisata andalan di Taman Nasional Wakatobi yaitu Scuba Diving. Lokasi penyelaman yang tersebar di seluruh wilayah ini menjadi potensi besar yang dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai salah satu mata pencahariannya, yakni sebagai penyedia jasa wisata selam atau yang biasa disebut dengan Dive Operator. Keindahan terumbu karang di kawasan Taman Nasional Wakatobi sangatlah berpengaruh terhadap tingkat kepuasan wisatawan yang berimplikasi terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat di Taman Nasional Wakatobi.

Sumber : Balai Taman Nasional Wakatobi

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini