BKSDA Yogyakarta Tanam 1000 Pohon Native Spesies Karst di Suaka Margasatwa Paliyan

Senin, 08 April 2019

Paliyan, 5 April 2019 – Sebanyak 1000 bibit native spesies akan ditanam di Suaka Margasatwa (SM) Paliyan, Gunungkidul. Gelaran ini merupakan road peringatan hari bumi tahun 2019 yang dilaksanakan Balai KSDA Yogyakarta. Kegiatan penanaman ini, Balai KSDA Yogyakarta mendapat dengan dukungan banyak pihak seperti UPT Kementrian Lingkungan Hidup Kehutanan lingkup (KLHK) DIY ,Dinas LHK D.I.Yogyakarta, Dodiklatpur, Mitsui Sumitomo Inc. dan Indonesian Hotel General Manager (IHGMA) Chapter Yogyakarta. Mupika Paliyan dan Saptosari, Kelompok Tani Hutan, Kader Konservasi, dan Pelajar SMA 1 Semin dengan total personil sebanyak 200 orang. Penanaman ini difokuskan di petak 136 pada blok rehabilitasi SM Paliyan. Jenis tanaman yang ditanam terdiri dari Terbelo Pusuh, Mojo, Elo, Bulu, Kepuh, Talok , Ipik, dan Pulai.

Kepala Balai KSDA Yogyakarta, Ir. Junita Parjanti, MT mengatakan "Peringatan Hari Bumi dilaksanakan sebagai salah satu gerakan peduli lingkungan modern, munculnya banyak gerakan masyarakat baik melalui komunitas maupun individu dalam mengkampanyekan gerakan cinta alam dan lingkungan hidup". Dimana gerakan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap Bumi yang telah memberikan kehidupan bagi makhluk hidup di dalamnya selama jutaan tahun. Selain itu, tujuan kegiatan ini sebagai upaya pemulihan ekosistem dengan native species karst di SM Paliyan.

Lebih Lanjut Ir. Junita Parjanti, MT mengatakan bahwa kegiatan seperti ini perlu dilakukan rutin setiap tahun supaya SM Paliyan kembali menjadi hutan yang bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar maupun menjadi habitat bagi satwa liar. Mari kita bersama-sama menjaga Suaka Margasatwa Paliyan, Hutan dan Lingkungan hidup agar terwujud Kelestarian demi kepentingan bersama. Ayo Nandur Urip.. 

Sumber : Andie Chandra Herwanto - PEH Balai KSDA Yogyakarta

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini