Mahasiswa Bandung Serahkan Satwa Dilindungi

Bandung - 9 Januari 2019, Geliat masyarakat untuk menyerahkan satwa liar dilindungi secara sukarela kepada BBKSDA Jawa Barat terus berlanjut. Kali ini, sebanyak 1 (satu) ekor Lutung    (Trachypithecus sp.) diserahkan oleh seorang mahasiswa asal Bandung.

Adalah Rizky Yanuar Dwi (22 tahun), warga Kel. Desa Melatiwangi, Kec. Cilengkrang, Kab. Bandung yang telah menyerahkan secara sukarela satwa liar dilindungi tersebut pada hari Selasa 8 Januari 2019 kepada Petugas Balai Besar KSDA Jawa Barat. Menurut pengakuan yang bersangkutan, satwa tersebut didapat di daerah Cikalong Pangandaran. Namun, sosialisasi mengenai satwa dilindungi yang dilakukan petugas BBKSDA Jawa Barat, ternyata menggugah kesadaran yang bersangkutan sehingga pada akhirnya satwa tersebut diserahkan kepada Petugas BBKSDA Jawa Barat secara sukarela.

Saat ini, satwa liar yang diserahkan dalam kondisi sehat tersebut telah dititiprawatkan ke lembaga konservasi khusus, yaitu The Aspinall Foundation untuk menjalani serangkaian proses rehabilitasi, sebelum dilepasliarkan di habitat aslinya.

Apa yang sudah dilakukan oleh Rizky Yanuar Dwi ini sekali lagi menunjukkan bahwa kesadartahuan masyarakat untuk menjaga kelestarian satwa liar semakin meningkat. Semoga semakin banyak masyarakat yang tergerak hatinya untuk menyerahkan secara sukarela satwa-satwa liar dilindungi yang mereka miliki/pelihara kepada BBKSDA Jawa Barat.\

Sumber: Humas BBKSDA Jawa Barat

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini