Tim Rescue Balai Besar KSDA Riau Berhasil Mengevakuasi Dan Melepasliarkan Buaya Sinyulong

Pekanbaru, 6 Januari 2019. Call Center Balai Besar KSDA Riau mendapat informasi dari masyarakat Kec. Seberida-Belilas blok A, bahwa ada salah seorang masyarakat di daerah tersebut bernama Sunaryo (75 th) yang akan menyerahkan secara sukarela satu ekor Buaya Sinyulong (Tomistoma schlegelii).

Kabid Wilayah I, Mulyo Hutomo segera memerintahkan Resort Pekan Heran melalui Kasi Wilayah I Pkl. Kerinci, Laskar Jaya Permana untuk melakukan pengecekan ke lokasi tersebut. Setelah dipastikan kebenarannya, maka berdasarkan perintah Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono pada hari dan tanggal yang sama Tim Rescue menuju lokasi dan langsung menemui masyarakat yang ingin menyerahkan satwa dilindungi tersebut.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, Buaya Sinyulong dengan panjang sekitar 3 m berkelamin jantan, telah dipelihara  Sdr. Sunaryo selama kurang lebih 10 tahun. Disamping melakukan pengecekan, Tim juga melakukan sosiasialisasi kepada masyarakat sekitar terkait satwa liar yang dilindungi.

Senin, 7 Januari 2019, Tim mengevakuasi Buaya Sinyulong tersebut dan membawanya ke kantor Bidang Wilayah I di Rengat untuk dilakukan observasi terlebih dahulu sebelum dilepasliarkan. Segera setelah pengecekan dilakukan, dengan dipimpin Kepala Resort Pekan Heran Zulkifli, Buaya tersebut dibawa ke kawasan konservasi yang merupakan habitatnya untuk dilepasliarkan.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini