Penghargaan Pamong Pariwisata Berkelanjutan Diraih Balai TN Bunaken Pada ISTA 2018

Selasa, 04 Desember 2018

Jakarta, tanggal 30 November 2018. Pada ajang Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2018 di Hotel Borobudur Jakarta, Penghargaan Pamong Pariwisata Berkelanjutan dari Kementerian Pariwisata pada untuk Taman Nasional Bunaken diberikan.

ISTA Award 2018 merupakan penghargaan kepada para pemangku kepentingan dalam membangun kesadaran pengelolaan destinasi pariwisata berkelanjutan, sebagaimana yang tertuang dalam Permenpar No. 14 tahun 2016 tentang pedoman destinasi berkelanjutan yang dikenal dengan istilah People, Planet, and Prosperity.

Balai Taman Nasional Bunaken bersama kelompok Cahaya Tatapaan melalui kemitraan di Zona Tradisional mengembangkan ekowisata bersama masyarakat, dengan dukungan Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan dalam penetapan Desa Wisata di bagian penyangga Desa-Desa Kecamatan Tatapaan.

Proses-proses ini merupakan awal dimulainya pengelolaan destinasi berkelanjutan dengan pelibatan langsung dengan masyarakat sebagai subjek utama pembangunan. Pada ajang ISTA 2017 Cahaya Tatapaan menjadi nominasi peraih penghargaan bagi kelompok masyarakat dalam bidang pelestarian lingkungan yang mengelola destinasi wisata bekelanjutan dan pada gelaran ISTA 2018 Balai TN Bunaken mendapatkan penghargaan Pamong Pariwisata Berkelanjutan.

Tahun 2018 merupakan ISTA award kedua, jumlah peserta mendaftar sebanyak 176, dengan demikian hampir mendekati 50% peningkatan peserta jika dibanding tahun 2017 sebanyak yang, 96 peserta. Hal ini menunjukkan konsep wisata berkelanjutan sudah lebih banyak dipahami oleh masyarakat. ISTA award bukan hanya bentuk sebuah penghargaan, tetapi juga merupakan platform destinasi, daya tarik wisata, dan usaha priwisata yang untuk diterapkan dalam destinasi masing-masing.

Penganugerahan ISTA Award 2018 Taman Nasional Bunaken terpilih sebagai penerima penghargaan Pamong atas keteguhan melestarikan destinasi untuk pariwisata berkelanjutan dengan destinasi di Kabupaten Minahasa Selatan. Penghargaan yang langsung diterima oleh Kepala Balai Taman Nasional Bunaken - Dr. Farianna Prabandari, S.Hut, M.Si di Balairung Hotel Borobudur Jakarta.

Sumber: Eko Wahyu Handoyo, S.Hut - PEH pada Balai Taman Nasional Bunaken

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini