Rescue 2 Individu Orangutan dari Kebun Masyarakat

Senin, 16 Juli 2018

Ketapang, 15 Juli 2018. Tim Wild Rescue Unit Seksi Konservasi Wilayah I Ketapang Balai KSDA Kalimantan Barat bersama dengan Seksi Pengeloaan Taman Nasional I Sukadana Balai TN. Gn. Palung, YIARI dan PT. KAL yang merupakan mitra Balai KSDA Kalimantan Barat melakukan kegiatan rescue dan translokasi orangutan yang berasal dari kebun masyarakat Desa Kuala Satong Kec. Matan Hilir utara Kab. Kayong utara. Sebelumnya sudah dilakukan pemantauan keberadaan sejak bulan April 2018 yang diketahui terdapat 5 individu orangutan, namun saat ini yang termonitoring merusak kebun masyarakat hanya 2 individu orangutan dengan kondisi satwa masih agresif dan liar. Gerak cepat tim Rescue untuk menyelamatkan 2 individu orangutan diakukan dengan cara metode pembiusan (sesuai SOP)  terhadap satwa yang masih liar dan agresif

Sebagai upaya animal welfare maka translokasi dilakukan dikawasan TN. Gunung Palung Desa teluk bayur Kec. Laur Kab. Kayong utara yang merupakan habitat asli orangutan. Lokasi ini dipilih sebagai tempat pelepasliaran setelah melalui survey kondisi habitat dan ketersediaan pakan. Jenis satwa Orangutan sendiri merupakan hasil rescue dan translokasi yang ke -1 di habitat aslinya dalam kurun waktu tahun 2018.

Kesadaran dan kepedulian terhadap keberadaan satwa yang terancam punah merupakan pekerjaan rumah bagi kita semua untuk tetap menjaga dan melestarikan keberadaan di habitat aslinya. (pr)

Sumber dan Dokumentasi : Tim WRU SKW I Ketapang, Balai KSDA Kalimantan Barat

Call Center BKSDA KALBAR (Mita) : 08115776767

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini