7 Sentigi Ditanam 7 Jenderal di Pulau Menjangan TN Bali Barat

Pulau Menjangan, 10 Februari 2018. Penanaman pohon sentigi menjadi salah satu atraksi wisata edukasi yang ditawarkan kepada wisatawan yang berkunjung ke Pulau Menjangan. Atraksi tersebut mengajak wisatawan untuk berpartisipasi dan terlibat langsung dalam upaya konservasi tumbuhan langka dan dilindungi. Hal ini seperti yang dilakukan oleh rombongan jajaran Mabes Polri pada hari Sabtu, tanggal 10 Februari 2018. Kegiatan tersebut merupakan kunjungan kehormatan yang diinisiasi Polres Banyuwangi dan difasilitasi Balai Taman Nasional Bali Barat.

Rombongan sebanyak 30 orang dipimpin oleh Asisten SDM Kapolri (Irjend Pol. Drs. Arief Sulistyanto, M.Si) tiba di Pulau Menjangan pada pukul 11.00 WITA dan disambut oleh Kepala Resort Pulau Menjangan (Gusti Komang Suardika). Di Pulau Menjangan, rombongan menikmati keindahan pemandangan dengan berkeliling menggunakan kapal dan treking di area Pos I yang berdekatan dengan kantor Resort Pulau Menjangan. Puas menikmati berbagai atraksi, rombongan yang diwakili oleh tujuh orang jajaran Mabes Polri berpangkat jenderal melakukan penanaman bibit sentigi sebanyak tujuh batang di pantai barat Pos I Pulau Menjangan.

Setelah penanaman, dilakukan pemasangan papan nama yang memuat jenis bibit dan nama penanam. Selain itu, Asisten SDM Kapolri berharap dengan kegiatan penanaman yang dilakukan oleh jajaran Mabes Polri dapat menumbuhkan serta menjadi teladan kepada seluruh anggota Polri dan masyarakat untuk berperanserta menjaga dan peduli terhadap pelestarian lingkungan, khususnya keberadaan pohon sentigi di alam.

Pohon Sentigi (Pemphis acidula) merupakan salah satu tumbuhan hias yang diburu para kolektor tanaman hias dengan nilai jual yang tinggi. Sentigi masih dapat dijumpai di sepanjang pesisir pantai Pulau Menjangan yang berpasir, berkarang, dan di tepi hutan mangrove. Saat ini, keberadaan sentigi mulai terancam di Pulau Menjangan, pohon tersebut banyak dicari masyarakat untuk dimanfaatkan sebagai tanaman bonsai dan obat herbal alternatif. Selain itu bagi sekelompok orang, batang pohon sentigi dipercaya memiliki kekuatan magis. Hal itulah yang menjadi salah satu penyebab semakin berkurangnya jumlah pohon sentigi di alam, tidak terkecuali di pesisir Pulau Menjangan.

Untuk mengantisipasi ancaman tersebut, petugas Resort Pulau Menjangan terus menggiatkan patroli rutin dan penyuluhan kepada masyarakat. Selain itu, dilakukan juga penanaman pohon sentigi sebagai upaya penambahan jumlah pohon tersebut di alam, khususnya di Pulau Menjangan.

Sumber : Balai TN Bali Barat

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini