Pendampingan Budidaya Pinang Batara

Segati, 12 Oktober 2021 – Petugas Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) melakukan pendampingan kepada kelompok tani hutan (KTH) Bahtera Segati Desa Segati, Kec. Langgam, Kab. Pelalawan. Pendampingan dilaksanakan sebagai tindak lanjut fasilitasi pemberian bantuan ekonomi produktif yang beberapa waktu silam diberikan Balai TN Tesso Nilo.

KTH Bahtera Segati ini merupakan kelompok tani ke 6 yang dibentuk di wilayah Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Baserah dengan jumlah anggota kelompok sebanyak 19 orang. Kelompok ini bersepakat untuk melakukan kegiatan budidaya Pinang Batara.

Berdasarkan keterangan petugas, saat ini progres kemajuan pelaksanaan kegiatan sudah mencapai 75 %, diantaranya adalah pemesanan bibit yang dibeli di Dusun 3 Tasik Indah Desa Segati. Proses pengambilan bibit pinang batara ini langsung disaksikan oleh Kadus III Tasik Indah Bapak M. Jais bersama dengan perangkat Desa Segati dan langsung didistribusikan kepada anggota kelompok lainnya.

Selain itu, persiapan lahan seperti pembuatan lubang tanam, pemberian pupuk kandang/dolomit juga sudah di lakukan oleh beberapa anggota kelompok sejak jauh-jauh hari sehingga saat bibit sudah ada, KTH tinggal melakukan penanaman.

Sejauh ini tim pendamping melihat keseriusan kelompok ini sudah sangat baik dalam mengembangkan budidaya tanaman pinang batara. Tahapan demi tahapan sudah dilalui dengan cepat, pendamping berharap semoga program pemberian bantuan ekonomi yang diberikan oleh Balai TN Tesso Nilo dapat menjadikan masyarakat semakin produktif dan membantu mensejahterakan ekonomi masyarakat sekitar.

Sumber : Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini