Penerapan Blok Pengelolaan TWA Telaga Patengan

Bandung, 3 Agustus 2022. Taman Wisata Alam (TWA) Telaga Patengan yang terletak ± 47 Km di sebelah Selatan kota Bandung merupakan salah satu tujuan wisata alam di Propinsi Jawa Barat yang sebagian besar terletak pada kawasan konservasi. Taman Wisata Alam Patengan ini berada pada Kawasan Strategis Bandung Selatan, Ciwidey yang merupakan tujuan Agrowisata Edukatif Bandung Selatan. Lokasi tersebut dapat dicapai dengan berbagai jenis kendaraan baik pribadi maupun umum, melalui jalan beraspal yang kondisinya cukup baik. Potensi wisata TWA Telaga Patengan yang menarik di antaranya berupa air telaga yang jernih, udara yang masih terasa sejuk dan segar serta panorama alam yang cukup menarik menjadi obyek wisata alam unggulan.

Pada awalnya Telaga Patengan merupakan bagian dari Cagar Alam (CA) Patengan, dengan pertimbangan potensi wisata yang dimiliki maka tahun 1981 sebagian kawasan CA Telaga Patengan, yang berupa telaga dan tepi-tepinya seluas 65 Ha diubah statusnya menjadi Taman Wisata Alam Telaga Patengan. Secara administrasi kawasan ini terletak di area Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi berkesempatan mengunjungi kawasan TWA Telaga Patengan dalam rangkaian kegiatan pembahasan revisi Rapat Pembahasan Tematik “Kemitraan Konservasi dan Pemulihan Ekosistem pada Draf Revisi Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.76/MenLHK-Setjen/2015. Kunjungan kali ini juga bertujuan untuk mengumpulkan data informasi kondisi eksisting dan penerapan blok pengelolaan TWA Patengan yang telah disahkan tahun 2016 dan akan menjadi sebagai bahan informasi masukan pada Draft Revisi Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.76/MenLHK-Setjen/2015.

Sumber : Mugiharto - Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini