Evakuasi Orangutan Di Kabupaten Nagan Raya Berjalan Lancar

Rabu, 07 Juni 2023 Balai KSDA Aceh

Meulaboh, 5 Juni 2023 - Petugas Balai KSDA Aceh melalui Resort Konservasi Wilayah 14 Meulaboh bersama mitra Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) melakukan evakuasi 1 (satu) individu orangutan di Desa Pulo Kruet, Kec Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya.

Sebelum dievakuasi, dilakukan pemeriksaan fisik pada tubuh orangutan berupa pengecekan jenis kelamin (orangutan berjenis kelamin jantan), estimasi usia lebih dari 20 tahun, berat badan diperkirakan lebih dari 60 kg, terdapat patah pada gigi taring kanan bawah, status hidrasi orangutan tersebut baik, mukosanya berwarna pink. Selain itu, di bagian ketiak kanan terlihat pembengkakan dengan ukuran 15x10 cm yang diduga adalah limfoma (pembesaran kelenjar pertahanan) dengan konsistensi padat dan tidak melekat pada jaringan dalam.

Kemudian dilakukan tindakan oleh petugas berupa:

  1. Pemeriksaan fisik dan gigi
  2. Pemberian vitamin dan antiradang
  3. Pemberian obat cacing
  4. Pemeriksaan Covid 19 dengan Rapid Antigen Test dengan hasil negatif.

Orangutan yang dievakuasi dalam kondisi sehat dan baik, temuan bengkak di bagian ketiak tidak mempengaruhi aktivitas orangutan dan tidak berbahaya. Orangutan tersebut dinyatakan layak untuk dilepasliarkan ke kawasan CA/TWA Jantho yang berada di Resort Konservasi Wilayah 4 Jantho.


Sumber : Balai KSDA Aceh

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini