Inagurasi Pengukuhan Tim PAGARI Pasie Laweh Masyarakat Bersatu dalam Penanganan Konflik Satwa Liar

Sabtu, 03 Juni 2023 Balai KSDA Sumatera Barat

Sabtu, 3 Mei 2023 - Bertempat di kantor Wali Nagari Pasie Laweh pada tanggal 30 Mei 2023 telah dilaksanakan Pengukuhan Tim Patroli Anak Nagari (PAGARI) Nagari Pasie Laweh. Pengukuhan dilakukan oleh Wali Nagari Pasie Laweh Zul Arifin bersama Kepala BKSDA Sumatera Barat, Ardi Andono. Prosesi pengukuhan dihadiri Forum Komunikasi Kecamatan (Forkopimda) Palupuh, Perwakilan BKSDA Resort Maninjau, Perwakilan Balai KSDA Resort Pasaman, Yayasan SINTAS Indonesia, PAGARI Salareh Aia, dan lainnya di Aula Nagari Pasie Laweh, Selasa (30/5).

"Dalam pidato sambutannya, Wali Nagari Pasie Laweh Zul Arifin mengatakan, 'Tim PAGARI Pasie Laweh dengan jumlah sembilan orang merupakan perwakilan masyarakat yang secara suka rela turut serta dalam penanganan konflik satwa liar. Mereka telah dilatih dan dibekali keterampilan oleh BKSDA untuk mengenali tanda-tanda keberadaan satwa liar, menggunakan peralatan navigasi darat serta mengoperasikan kamera trap'," ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala BKSDA Sumbar sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Nagari Pasie Laweh. Beliau berharap apa yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Nagari Pasie Laweh dapat diikuti oleh Nagari-Nagari lain di Provinsi Sumatera Barat, terutama wilayah-wilayah yang berbatasan dengan hutan dan rawan konflik satwa liar.

Sementara itu, DR. Ir. Wiratno yang berkesempatan hadir pada acara tersebut turut memberikan arahan dan berbagi pengalaman. Sebagai tokoh konservasi yang pernah menjadi Dirjen KSDAE tahun 2017-2022, beliau berbagi pengalaman tentang kolaborasi pengelolaan Sumber Daya Alam oleh pemerintah dan masyarakat, membangun jejaring kerja konservasi serta mendorong kreativitas dan inovasi dalam bekerja.


Sumber : Balai KSDA Sumatera Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini