Clean Up TN Gunung Rinjani

Senin, 30 Oktober 2023 BTN Gunung Rinjani

Mataram, 30 Oktober 2023. Balai Taman Nasional Gunung Rinjani bersama Forum Wisata Lingkar Rinjani telah melaksanakan kegiatan clean up di Taman Nasional Gunung Rinjani yang difokuskan pada Jalur Wisata Pendakian Sembalun dan Jalur Wisata Pendakian Torean.

Lokasi clean up pertama dilakukan di sepanjang jalur pendakian Sembalun dan area camp plawangan sembalun menuju Danau Segara Anak, pada tanggal 12 s.d 14 oktober 2023. Total jumlah sampah yang berhasil dikumpukan sebanyak 130 kg. Kegiatan Clean up kedua dilaksanakan pada tanggal 17 s.d 19 Oktober 2023 yang dilakukan di dua jalur pendakian Gunung Rinjani, yaitu di jalur wisata pendakian Sembalun dan Jalur wisata pendakian Torean.

Pada jalur wisata pendakian Sembalun,  clean up difokuskan di sepanjang jalur pendakian Sembalun dan area camp menuju Danau Segara Anak, total jumlah sampah sebanyak 122 Kg yang berhasil dikumpulkan. Sedangkan di Jalur pendakian Torean total sampah yang berhasil dikumpulkan sebanyak 87 Kg dengan titik lokasi clean up di sepanjang jalur pendakian Torean, area camp, dan Danau Segara Anak.

Adapun jenis sampah dari kegiatan clean up ini terdiri dari sampah plastik, botol plastik, botol kaleng, botol kaca, tisu, dan sampah organik. Keberadaan sampah di gunung Rinjani tentunya tidak hanya sebatas mengganggu pemandangan dan membuat alam Rinjani tampak kotor.

Lebih dari itu, pada akhirnya sampah yang ditinggalkan begitu saja di gunung Rinjani akan mengganggu ekosistem yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, mari bersama-sama kita jaga kebersihan, kelestarian, dan keasrian Gunung Rinjani dengan tidak membuang sampah sembarangan dan selalu patuhi aturan yang berlaku.

Sumber: Balai Taman Nasional Gunung Rinjani


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini