Pemusnahan Temuan Illegal Logging di Dua Lokasi Patroli Terestrial 

Minggu, 19 September 2021

Pekanbaru, 19 September 2021. Patroli teresterial kawasan konservasi terus dilakukan petugas Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I Pangakalan Kerinci Balai Besar KSDA Riau. Kali ini patroli dilakukan di Suaka Margasatwa (SM) Kerumutan, tepatnya di Kel. Kerumutan, Kec. Kerumutan, Kab.Pelalawan pada Rabu s.d  Jumat, 15 -17 September 2021 yang dipimpin Kepala SKW I Pangkalan Kerinci.  Patroli dilakukan di 2 lokasi utama, yaitu Pelabuhan Dusun Kapau (Kel. Kerumutan) dan Parit Gajah Eka Merbau (Dusun Air Kuning, Kel. Kerumutan).

Di lokasi Parit Gajah Eka Merbau, Tim menemukan kanal yang diduga sebagai tempat mengeluarkan kayu olahan yang diduga kuat hasil illegal logging. Kayu olahan didominasi jenis kayu Meranti (volume +/- 7 M3) yang langsung dimusnahkan dengan cara dipotong menggunakan 1 unit chainsaw dan dibakar secara aman dan terukur. Tim juga menemukan 1 buah pondok illegal logging, 140 liter bahan bakar, 140 liter oli dan 2 buah sepeda angkut illegal logging. Semua barang temuan dimusnahkan dan dihancurkan di lokasi.

Tim patroli dibagi menjadi 2 di Pelabuhan Dusun Kapau, Tim yang menyusuri daerah Pematang Tasik dan Tim yang menyusuri daerah Kuala Merbau melewati jalur sungai Kerumutan. Tim 1 (Pematang Tasik) menemukan kayu olahan yang didominasi jenis kayu Punak (volume +/- 5 M3), 6 Buah pondok illegal logging beserta logistik pelaku, beberapa jirigen BBM, dan 2 buah sepeda angkut illegal logging.  Semua barang temuan tersebut dimusnahkan petugas di lokasi.  Tim di Kuala Merbau menemukan kayu olahan sejumlah +/- 1 m3, 4 buah pondok illegal logging beserta logistik pelaku dan beberapa jirigen BBM. Semua barang temuan juga dimusnahkan di lokasi. Di sana tim juga menemukan 2 ekor burung collibri di pondok illegal logging tersebut dan segera dilepasliarkan.

Selain patroli, tim juga bertemu 2 orang yang mengaku sebagai pencari burung yang kemudian diberikan sosialisasi agar tidak melakukan perburuan terhadap satwa dan mengambil dokumentasi identitas burung. 

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini