Monitoring Dua Gajah Liar di Baserah

Jumat, 17 September 2021

Baserah, 16 September 2021. Tim patroli satwa Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Baserah Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) melaksanakan patroli satwa guna monitoring gajah sumatera khususnya di wilayah Baserah TN Tesso Nilo pada tanggal 15-16 September 2021.

Patroli dilakukan setelah mendapatkan laporan dari pihak RAPP tentang adanya aktifitas gajah liar yang terdeteksi berada di dalam konsesinya. Mendapatkan aduan tersebut, tim SPTN Wilayah II Baserah dengan sigap langsung menuju lokasi yang dilaporkan untuk memantau keberadaan gajah liar. Namun sesampainya di tempat ternyata gajah yang sebelumnya terlihat sudah tidak berada di lokasi yang disebutkan.

Dari hasil pantauan dilapangan dan wawancara dengan saksi di sekitar kawasan, tim petugas mengetahui gajah liar tersebut berjumlah 2 ekor dengan jenis kelamin jantan dewasa. Tim melaporkan saat ini petugas dibantu oleh masyarakat untuk berjaga-jaga di sekitar lokasi.

Guna mengantisipasi,  masyarakat telah membuat titik-titik api di sekitar batas perkebunan dan hutan untuk menghalau gajah-gajah tersebut masuk ke dalam perkebunan.

Petugas juga memberi edukasi serta arahan kepada masyarakat yang berjaga untuk tidak melakukan tindakan yang dapat mencederai gajah liar serta terus memberi informasi kepada petugas.

Sampai dengan saat ini, tim masih terus memantau hingga gajah liar dipastikan telah meninggalkan perkebunan dan masuk kembali ke habitatnya.

Sumber : Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini