Seorang Ibu Laporkan Keberadaan Lutung Yang Diduga Terluka

Jumat, 10 September 2021

Pekanbaru, 10 September 2021 - Seorang Ibu bergegas melapor ke Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Batam Balai Besar KSDA Riau terkait keberadaan satwa dilindungi yaitu lutung kelabu (Trachypithecus cristatus) yang terluka jatuh dari pohon di belakang rumahnya di Sekupang, Batam, Senin silam (30/8). Tim Rescue SKW II dan Pos Gakkum LHK Batam segera melakukan evakuasi lutung kelabu tersebut ke kantor SKW II Batam.

Hasil pengamatan awal menunjukkan lutung mengalami trauma. Tim juga mendapati luka bekas tembakan pada punggung. Bagian inferior dari lutung lumpuh, diduga akibat peluru di punggung yang mengenai sistem syaraf atau trauma akibat terjatuh dari ketinggian. Beberapa bagian kaki inferiornya mengalami luka, sehingga mobilitasnya ditunjang tangannya. Pengamatan perilaku menunjukkan satwa masih menghindari manusia. Luka dan trauma disebabkan oleh penembakan/ perburuan manusia menggunakan senapan.

Perawatan mandiri di kantor SKW II Batam tidak menunjukkan kemajuan namun lutung sudah bisa menerima kehadiran manusia. Guna mempercepat kesembuhannya, pada tanggal 6 September 2021, lutung yang diberi nama Bruno dikirim ke Klinik Satwa untuk mendapatkan pertolongan medis yang lebih lengkap.

Hasil rontgen awal menunjukkan sebutir proyektil peluru bersarang di punggung lutung. Peluru tersebut menembus rangka aksial, yaitu pada kolom vertebralnya, sehingga menyulitkan dalam proses pengangkatannya.  Tim Rescue berusaha mengupayakan hal terbaik untuk satwa tersebut dapat bertahan. Lutung saat ini dalam perawatan dokter hewan yang berpengalaman di Klinik Satwa.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini