Peran Serta Milenial Untuk Keselamatan Satwa

Selasa, 31 Agustus 2021

Padang, 31 Agustus 2021. Semakin berkembangnya teknologi dan media sosial maka semakin mudah untuk mengakses informasi yang dibutuhkan, tak terkecuali di bidang konservasi. Dengan media sosial maka pemerintah maupun penggiat di bidang konservasi dapat mensosialisasikan pentingnya konservasi terutama untuk satwa dan tumbuhan yang dilindungi. Hal ini membuat masyarakat  semakin tahu pentingnya untuk ikut andil di bidang konservasi sehingga kelestarian hutan, satwa maupun tumbuhan dapat terjaga dengan baik. 
 
Salah satu andil kaum milenial dalam penyelamatan satwa datang dari seorang mahasiswa UNP bernama Nagra Aulia. Nagra melapor ke call center  Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Barat (BKSDA Sumbar) pukul 15.20 WIB, bahwa ia menemukan seekor kura-kura kaki gajah di Padang Pariaman dan mau menyerahkan nya ke BKSDA Sumbar. Melalui informasi yang diperoleh maka Kepala Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II memerintahkan Resort Konservasi Wilayah (RKW) Padang Pariaman untuk melakukan evakuasi. Petugas sampai pada pukul 18.30 di Korong Kandang Ampek Nagari Guguak kab. Padang Pariaman dan langsung melakukan evakuasi terhadap satwa. Satwa saat ini dalam keadaan baik dan cukup liar, dengan ukuran cangkang/karapas 33 x 40 cm. Sekira pukul 19.10 WIB dilakukan serah terima satwa dilindungi jenis kura kura kaki gajah yang dilengkapi dengan dokumen Berita Acara Serah Terima satwa dilindungi. Selanjutnya satwa akan dilepasliarkan kembali ke habitatnya.
 
Jika terjadi kejadian serupa segera melapor ke petugas BKSDA setempat atau ke call center BKSDA SUMBAR di nomor 081266131222. 
 
Sumber : Balai KSDA Sumatera Barat
 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini