BBKSDA Sulsel Terima Satwa Translokasi Hasil Operasi Di Surabaya

Selasa, 04 Mei 2021

Makassar, 4 Mei 2021 – Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan telah menerima 25 Ekor satwa translokasi dari Surabaya (3/5/2021) sebagai tindak lanjut surat keputusan S.476/K.8/BIDTEK/KSA/4/2021 tanggal 16 April 2021. Satwa-satwa ini berasal dari hasil operasi peredaran Tumbuhan dan Satwa Liar di Surabaya yang dilakukan Tim Wildlife Rescue Unit (WRU) Balai Besar KSDA Jawa Timur.  Kherno Subroto selaku Kepala Resor Bandara Hassanudin Makassar Bersama TIM WRU BBKSDA Sulsel menerima ke-25 ekor satwa translokasi tersebut dalam keadaan baik.

“Alhamdulillah, 25 ekor satwa translokasi dari Surabaya kami dan tim sudah terima dengan baik, adapun jenis satwa yang dikembalikan yaitu : Jalak Tungkir Merah (11 Ekor), Elang Rawa Tutul (2 Ekor), Perkici Dora (1 Ekor) dan Elang Paria (11 Ekor)” Ucap Kherno.

“Satwa-satwa ini berangkat melalui Bandara Juanda, Sidoarjo yang dikirim Senin, 3 Mei 2021 setelah dinyatakan layak lepas liar tapi perlu rehabilitasi dulu tentunya” Tambah Kherno.

Sementara itu Kepala Balai Besar KSDA Sulsel, Ir. Thomas Nifinluri,M.Sc mengucapkan terima kasih kepada tim WRU BBKSDA yang bekerja sesuai SOP Translokasi Satwa.

“Terimakasih kepada Tim WRU BBKSDA, Baik di Jatim dan Makassar yang melakukan proses translokasi satwa sesuai SOP, sehingga semua satwa selamat sampai di Makassar. Saya harap kerja sama dalam mencegah dan menindaklanjuti kejahatan peredaran TSL Ilegal tetap terus kita tingkatkan” pungkas Thomas.

“Untuk tindakan selanjutnya kepada Tim WRU BBKSDA Sulsel agar ke-25 ekor satwa translokasi dipantau terus selama habituasi di Kandang Transit sebelum dilepaskan ke Habitatnya. Sebagai informasi kenapa Sulawesi dilpilih sebagai lokasi pelepasliaran itu karena daerah sebaran jenis satwa tranlokasi tersbut berada di wilayah Sulawesi dan pulau sekitarnya” tambah Thomas. (awan/Humas)

Sumber : Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan

Video & Foto : Hamka, S.Hut

Penanggung Jawab  Berita: Kepala Subag Data, Evlap dan Humas - Murniaty, S.Hut

Call-Center : +62 811-4600-883

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini