Bantuan Dana Kelompok Kemitraan Konservasi di SM Kuala Lupak

Senin, 12 April 2021

TABUNGANEN, 6 APRIL 2021 – Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan (Balai KSDA Kalsel) kembali menyalurkan bantuan dana kemitraan konservasi kepada kelompok masyarakat di sekitar kawasan konservasi (06/04). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pengembangan pemberdayaan masyarakat sekaligus sebagai upaya mendukung peningkatan ekonomi khususnya bagi masyarakat sekitar kawasan konservasi.

Penerima bantuan dana kali ini adalah Kelompok Kemitraan Konservasi “Mandiri Bersama” Desa Sungai Telan Besar dan Kelompok Kemitraan Konservasi “Suka Maju” Desa Kuala Lupak dengan jenis kegiatan usaha berupa penanaman bakau dan budidaya kepiting. Kegiatan ini diadakan di salah satu tambak milik anggota kelompok, di Sungai Ladung Suaka Margasatwa (SM) Kuala Lupak.

Penyerahan bantuan dana diserahkan langsung oleh Kepala Balai KSDA Kalsel didampingi oleh Kepala Sub Bag. Tata Usaha, Kepala SKW II Banjarbaru, beserta Kepala  Resort KSDA SM Kuala Lupak dan SM Pulau Kaget.  Kelompok penerima bantuan dana diwakili oleh ketua masing-masing kelompok kemitraan konservasi.

2-2021-04-12 at 14.12.08

“Bantuan dana pada tahun kedua ini diserahkan kepada kelompok kemitraan konservasi karena keberadaan kelompok ini berdasarkan penilaian kami dapat berkembang dengan jenis usaha yang telah dijalankan.  Diharapkan dengan bantuan dana ini jenis usaha kelompok dapat lebih berkembang dan memberikan dampak ekonomi kepada seluruh anggota kelompok dan masyarakat desa”, ucap Kepala Balai KSDA Kalsel, Dr. Ir. Mahrus Aryadi di sela kegiatan penyerahan bantuan.

Kepala Balai juga berpesan agar dana dari Pemerintah Republik Indonesia dapat dimanfaatkan secara terencana, efisien, dan transparan serta dilakukan penghitungan terperinci atas kegiatan usaha yang dijalankan sehingga dapat diketahui manfaat secara ekonominya.

“Kegiatan pemberdayaan masyarakat tidak hanya membuka peluang usaha bagi sebuah kelompok namun juga diharapkan peluang tersebut dapat dimanfaatkan setiap individu anggota kelompok.  Kedepannya manfaat dan peluang tersebut juga diharapkan dapat menyebar ke seluruh lapisan masyarakat melalui kelompok dan kegiatan usaha lainnya,” tambahnya.

3-2021-04-12 at 14.12.22

Pada kesempatan tersebut, Kepala Balai juga melakukan panen kepiting di salah satu lokasi budidaya kepiting yang memperoleh bantuan pada tahun sebelumnya. Serangkaian kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat hubungan Balai KSDA Kalsel dengan masyarakat untuk mendukung pengamanan kawasan konservasi khususnya di SM Kuala Lupak. (ryn)

 

Salam Bekantan !!!

Sumber & Dokumentasi : Cecep Budiarto, S.Hut (Penyuluh Kehutanan Balai KSDA Kalsel, SKW II Banjarbaru) 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini