SMART Patrol Di Cagar Alam Pulau Sempu Efektifkan Pemetaan Kehati

Selasa, 30 Maret 2021

Malang, 30 Maret 2021 – Sejumlah petugas dari Resort Konservasi Wilayah 21 dan ProFauna Indonesia melakukan patroli pengamanan bersama di Cagar Alam Pulau Sempu. (27/3/2021)

Saat memasuki Teluk Sumut, Tampak seekor burung Kuntul atau Cangak Laut berdiri di gugusan karang sisi selatan teluk. Perjumpaan dengan satwa ini merupakan perjumpaan kali pertama di Cagar Alam Pulau Sempu. Kini, daftar jenis burung di Pulau Sempu bertambah menjadi 112 jenis. Data dalam daftar keanekaragaman hayati mungkin masih akan terus bertambah seiring intensitas pelaksanaan eksplorasi yang memanfaatkan Spatial Monitoring and Reporting Tools (SMART) sebagai tools pencatatan data. Perlu diketahui bahwa Cagar Alam Pulau Sempu merupakan salah satu laboratorium hutan hujan tropis dataran rendah di Pulau Jawa.

Burung berukuran besar dan berwarna abu-abu gelap ini memiliki uban dan berjambul pendek. Dari Buku Atlas Burung Indonesia, pesisir Jawa timur bagian selatan merupakan habitat sebarannya. Satwa ini menghuni batu karang, hutan mangrove dan rawa. Dari data burungnesia, laporan perjumpaan di pesisir selatan Jawa Timur baru di Lumajang dan Taman Nasional Alas Purwo.

 

 

Sumber : Balai Besar KSDA Jawa Timur.

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini