Peringatan Hari Bakti Rimbawan ke 38 Provinsi Maluku Utara

Kamis, 18 Maret 2021

Sofifi, 16 Maret 2021 - Rimbawan Maluku Utara memperingati Hari Bakti Rimbawan (HBR) yang jatuh setiap tanggal 16 Maret. Peringatan HBR ke 38 tahun ini dilaksanakan secara sederhana namun tetap meriah mengingat pandemi Covid-19 yang masih melanda. HBR tahun ini mengambil tema "Terus Berbakti di tengah Pandemi untuk Lingkungan dan Hutan Lestari".

Rangkaian acara peringatan HBR di pusatkan di Sofifi yakni di kantor Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata. HBR ke 38 diisi dengan kegiatan upacara bendera, penanaman pohon, penghargaan bagi pegawai berprestasi, donor darah, bakti sosial berupa pembagian sembako bagi warga terdampak Covid-19, talk show Kisah Sukses Kelompok Tani Hutan Maluku Utara dan lomba tari tradisional "Lalayon" serta lomba karaoke.

Upacara bendera dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Maluku Utara H. M. Sukur Lila, S.Hut, M.Si sebagai Inspektur Upacara. Pada kesempatan ini Kadishut membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang mengajak seluruh Rimbawan untuk tidak surut di tengah pandemi dan memberikan darma bakti terbaiknya untuk bangsa, negara dan masyarakat.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan bagi pegawai BTN Aketajawe Lolobata dan Dishut Malut atas capaian prestasinya di tahun 2020. Kemudian dirangkai dengan penanaman pohon, lomba tari "Lalayon" dan karaoke serta bersamaan dengan kegiatan donor darah dan bakti sosial pembagian sembako untuk masyarakat terdampak Covid-19.

 

Peringatan HBR ke 38 ditutup dengan acara talk show yang menghadirkan Kelompok Tani Hutan binaan UPTD KPH Ternate Tidore, KPH Tidore Kepulauan, BTN Aketajawe Lolobata dan BPDASHL Akemalamo. Masing-masing narasumber dari KTH mengisahkan cerita sukses mereka dalam mengelola hasil hutan bukan kayu dan jasa lingkungan wisata alam hingga menjadi sumber tambahan penghasilan bagi kelompok dan keluarga mereka.

Peringatan HBR ke 38 walau dilaksanakan secara sederhana dan hanya satu hari, tetapi tetap penuh dengan kemeriahan. Apalagi pada saat lomba tari "Lalayon" dan lomba Karaoke, tak jarang hadirin ikut menari dan menyanyi. Keluar sebagai juara lomba tari Lalayon grup tari dari Darma Wanita Persatuan Dishut Malut, disusul grup tari Dishut Malut dan BTN Aketajawe Lolobata. 

 

Selamat Hari Bakti Rimbawan ke 38, Terus Berbakti di tengah Pandemi untuk Lingkungan dan Hutan Lestari.

 

Sumber : Achmad Zakih - Balai TN Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini