Aksi Sosial TaNa Bentarum di Hari Bakti Rimbawan ke-38

Rabu, 17 Maret 2021

Putussibau, 17 Maret 2020. Menyemarakkan peringatan Hari Bakti Rimbawan ke 38, Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (Tana Bentarum) menggelar aksi donor darah bersama pihak R.S Ahmad Diponegoro Putussibau di Lobby kantor Balai Besar Tana Bentarum (16/3). Aksi donor darah menjadi agenda rutin dalam mengisi acara Hari Bakti Rimbawan setiap tahunnya mengingat kebutuhan darah di Rumah Sakit bisa mencapai kurang lebih 200 kantong setiap bulannya. Sebanyak 16 dari 35 pendonor yang telah memenuhi syarat seperti tekanan darah normal, tidak terinfeksi penyakit menular, kadar HB Normal, berat badan diatas 45 kg, minimal 2 minggu setelah di vaksin dan umur minimal 17-60 tahun.

Sebagai informasi, 19 orang lainnya tidak dapat berdonor dikarenakan tekanan darah tidak memenuhi syarat, pernah terpapar virus covid-19 dan telah di vaksin dalam waktu dekat. Hasil sample darah yang telah terkumpul akan dilakukan screening seperti Golongan darah, pemeriksaan HBS, AG, HCV, HIV dan Spilis untuk menguji kelayakan darah pendonor. Darah yang terkumpul sangat bermanfaat bagi pasien yang membutuhkan, baik pasien persalinan, pasien kecelakaan dan lainnya. Oleh karena itu, pihak rumah sakit sangat membutuhkan sukarelawan mendonorkan darah.

“Kami sangat senang dengan agenda rutin yang dilakukan pihak Balai Besar Tana Bentarum, karena sangat membantu masyarakat. Kami harap kegiatan aksi donor darah yang dilakukan pihak Balai Besar menjadi contoh untuk instansi lain untuk membantu meringankan pasien yang membutuhkan” ungkap Abdurrahman selaku kepala Laboratorium R.S Ahmad Diponegoro.

Selain aksi donor darah Balai Besar Tana Bentarum juga mengadakan kegiatan menanam pohon dihalaman kantor setelah Upacara virtual bersama 74 UPT lingkup kementerian lingkungan hidup dan kehutanan.

“Ditengah pandemi, kita harus tetap memberikan yang terbaik untuk lingkungan sekitar walaupun keterbatasan gerak. Semoga dengan adanya aksi sosial ini dapat membantu dan dapat menjadi motivasi yang lainnya untuk perduli terhadap lingkungan sekitar” tutur Arief Mahmud selaku Kepala Balai Besar TaNa Bentarum.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini