Balai TN Sebangau Inventarisasi Potensi Tumbuhan Obat

Senin, 15 Maret 2021

Kasongan, 12 Maret 2021 - Sebanyak 36 tumbuhan berhasil diidentifikasi khususnya tumbuhan yang dikenal masyarakat memiliki kegunaan sebagai obat-obatan tradisional. Kegiatan yang dilaksanakan pejabat fungsional PEH di Resort Muara Bulan Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Kasongan pada tanggal 03-09 Maret 2021 ini merupakan bagian dari kegiatan inventarisasi potensi keanekaragaman hayati tinggi khususnya keanekaragaman tumbuhan yang ada di kawasan Taman Nasional (TN) Sebangau.

Dedy Irawan, ketua pelaksana kegiatan, mengatakan "Dari hanya 10 Ha total plot pengamatan saja kita bisa menemukan 36 jenis tumbuhan berkhasiat obat yang berbeda. Hal ini membuktikan bahwa kawasan hutan yang lestari merupakan sumber obat-obatan penting yang mungkin menyimpan solusi banyak penyakit yang terjadi di seluruh dunia".

Dia menambahkan bahwa masih banyak jenis tumbuhan yang belum diteliti dan diketahui khasiatnya baik secara medis maupun tradisional membuktikan pentingnya kegiatan inventarisasi potensi semacam ini dilakukan. Terlebih masih banyak kegunaan yang sudah dibuktikan masyarakat sekitar hutan secara tradisional namun belum dilakukan pembuktian secara klinis.

"Celah kekosongan inilah yang perlu kita gali informasi dan dibuktikan secara klinis sehingga apa yang kita miliki dan kita lindungi di TN Sebangau dapat berguna bagi umat manusia di masa depan" tandasnya.

Balai TN Sebangau melalui kegiatan inventarisasi potensi keanekaragaman hayati tinggi berkomitmen untuk terus berkontribusi aktif dalam upaya pengawetan dan perlindungan keanekaragaman hayati di kawasan hutan  TN Sebangau.

Sumber : Teguh Willy Nugroho - PEH Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah III Balai Taman Nasional Sebangau

 

 

 

 

 

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini